Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Ekspor Babi, Pemerintah Diminta Benahi Peternakan Dalam Negeri

Kalangan peternak babi menilai perlunya pembenahan dalam tata kelola peternakan dalam negeri apabila pemerintah ingin menggenjot ekspor komoditas tersebut dengan tetap menyertakan peternak rakyat. 
Peternakan babi/Istimewa
Peternakan babi/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA Kalangan peternak babi menilai perlunya pembenahan dalam tata kelola peternakan dalam negeri apabila pemerintah ingin menggenjot ekspor komoditas tersebut dengan tetap menyertakan peternak rakyat. 

Berbagai kesiapan diperlukan untuk menjamin produksi nasional mampu memenuhi syarat teknis yang diterapkan oleh negara tujuan.

Dalam hal melihat peluang ekspor, Ketua Gabungan Usaha Peternak Babi Indonesia (GUPBI) Bali Ketut Hari Suyasa menilai Indonesia cukup tertinggal jika dibandingkan Malaysia. Ia menyebut negara tetangga yang juga didominasi penduduk muslim tersebut telah terlebih dahulu mengembangkan peternakan babi yang berorientasi ekspor.

"Kondisi kita berbeda dengan Malaysia. Mereka sangat serius menggarap pasar ekspor dan sudah dipersiapkan sejak 10 tahun lalu," kata Hari kepada Bisnis, Kamis (22/8/2019).

Berdasarkan informasi yang diperolehnya, Malaysia tercatat telah membuat kawasan khusus peternakan babi dengan biosecurity dan pengolahan limbah yang modern. Perkembangan kawasan itu disebut Hari mendapat dukungan pemerintah dengan menjamin kemudahan akses dan penyediaan infrastruktur.

"Kalau ingin membicarakan pasar ekspor, pertanyaannya apakah kita siap? Persyaratan ekspor tidak mudah. Ada standar kelayakan yang harus dipenuhi seperti tata kelola biosecurity dan pengolahan limbahnya," papar Hari.

Peternakan babi dalam negeri yang didominasi peternakan rakyat, sambung Hari, masih belum sampai pada tingkat tersebut. Ia mencontohkan perkembangan peternakan babi di Bali yang didominasi sistem semi tradisional dan semi modern.

Selain masalah kesiapan, Hari juga mempertanyakan manfaat perluasan ekspor bagi peternak rakyat. Ia khawatir perluasan akses pasar tersebut hanya dinikmati para pelaku usaha besar mengingat kelompok inilah yang memiliki kualifikasi untuk melakukan kegiatan pengiriman ke luar negeri.

"Yang saya khawatirkan justru bukan ekspor untuk keuntungan peternakan rakyat, tapi ekspor untuk pengusaha. Misalnya investor yang mengembangkan peternakan babi kemudian diekspor. Kalau begini, kontribusi terhadap masyarakat apa?" tanya Hari.

Melihat kondisi ini, Hari pun mengharapkan pemerintah dapat merangkul peternak rakyat jika rencana perluasan ekspor ini berjalan. Ia juga menanti adanya peremajaan genetika pada populasi babi dalam negeri mengingat tingkat inbreeding yang meningkat. Kondisi ini, kata Hari, berpengaruh pada kualitas genetika babi yang dikembangkan peternak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper