Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AP II Mulai Seleksi Desain Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta

PT Angkasa Pura II (Persero) melaporkan proyek Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta sudah memasuki tahap penjurian desain pada 20-21 Agustus 2019.
Bandara Soekarno Hatta/Wikimapia
Bandara Soekarno Hatta/Wikimapia

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) melaporkan proyek Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta sudah memasuki tahap penjurian desain pada 20-21 Agustus 2019.

Ph. SVP of Head of Corporate Secretary and Legal AP II Achmad Rifai mengatakan penjurian desain tersebut mencakup penilaian terhadap conceptual design, schematic design, design development dan detail engineering design. Adapun, kawasan Terminal 4 akan dibangun di atas tanah seluas 130 hektare.

"Terdapat dua konsorsium yang lolos seleksi dan kini mengikuti proses penjurian desain. Seluruh kebutuhan tanah sudah kami miliki sehingga proses konstruksi bisa dilakukan dengan lancar," kata Rifai dalam siaran pers, Kamis (22/8/2019).

Dia menambahkan tanah tersebut adalah yang saat ini digunakan untuk lapangan golf, perkantoran, dan terminal kargo.

Seiring dengan pembangunan Terminal 4, lanjutnya, kawasan kargo akan dipindah dan dikembangkan menjadi cargo village yang juga dapat mengakselerasi pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Pihaknya menuturkan Terminal 4 dibangun dengan kapasitas sekitar 40 juta penumpang pesawat per tahun dan akan menjadi terminal terbesar di Indonesia. Saat ini terminal terbesar di RI adalah Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan kapasitas 25 juta penumpang per tahun.

Rifai menuturkan konsep desain interior Terminal 4 sendiri adalah futuristik dan mengadopsi kebudayaan lokal. Dari sisi teknologi dan informasi, Terminal 4 juga memiliki konsep smart mobility, smart enviroment, dan smart security.

Dalam mendukung Smart Mobility Terminal 4 memiliki self-check in counter, self-baggage drop, dan sejumlah fasilitas lainnya. Terkait dengan smart security, Terminal 4 dilengkapi full body scanner x-ray serta smart CCTV.

Sementara dengan Smart Environment, Terminal 4 menjadi ecogreen airport dilengkapi sejumlah fasilitas antara lain smart grid dan intelligent building management system.

"Kami juga membuat konsep khusus terkait dengan komersial di mana memperhatikan tenant flow management dan berorientasi kepada kepuasan pelanggan," ujarnya.

Keseluruhan konsep yang ada di Terminal 4 diklaim memperhatikan seluruh proses seperti keberangkatan, check-in, kedatangan, transit, komersial, hingga transportasi publik dari dan ke terminal. Selain itu, dilengkapi juga teknologi informasi terkini.

Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu juga menaruh perhatian terhadap Terminal 4 saat berkunjung ke Soekarno-Hatta pada Juni 2019. Kepala Negara meminta pembangunan sudah dimulai pada 2021 dan tuntas pada 2024.

Setelah Terminal 4 berkapasitas 45 juta penumpang dibangun, lalu revitalisasi Terminal 1 dan 2 usai dengan kapasitas total 40 juta penumpang, ditambah dengan Terminal 3 berkapasitas 25 juta penumpang, maka Soekarno-Hatta secara keseluruhan memiliki kapasitas sekitar 110 juta penumpang per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper