Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kargo Udara di Indonesia Sulit Berkembang, Apa Sih Pemicunya?

Sampai saat ini, pertumbuhan bisnis kargo udara di Indonesia masih terkendala proses kebandarudaraan yang berjalan lambat.
Pesawat kargo/Ilustrasi
Pesawat kargo/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Asosiasi Logistik Indonesia menilai bisnis kargo udara di Indonesia masih sangat menggiurkan dengan pertumbuhan bisa mencapai 8 persen setiap tahunnya.

Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldi Ilham Masita menuturkan kargo udara untuk negara kepulauan seperti Indonesia akan selalu berkembang.

Sampai saat ini, paparnya, pertumbuhan bisnis kargo udara masih terkendala aktivitas kebandarudaraan yang lamban.

"Pertumbuhannya bisa antara 5 persen--8 persen per tahun dan bisa lebih cepat dan biaya lebih murah karena sekarang banyak biaya di bandara [jadi lebih mahal]," ujarnya kepada Bisnis.com, Kamis (21/8/2019).

Dia menyatakan perkembangan bisnis kargo udara itu perlu dijaga dengan mulai memakai pesawat freighter atau drone untuk kargo, seperti yang mulai dikembangkan oleh Garuda Indonesia.

Selain itu, terangnya, perkembangan e-commerce membuat pengiriman dengan cepat dan harga yang murah menjadi sesuatu yang wajib terpenuhi. Sayangnya, harga murah dan cepat belum bisa dicapai oleh kargo udara di indonesia sekarang ini.

"Lambatnya proses di bandara sehingga barang kargo udara harus sudah masuk ke gudang bandara 4 jam--5 jam sebelum pesawat lepas landas dan hanya boleh diambil 2 jam--3 jam setelah pesawat mendarat menunjukkan bandara kita dan proses kargo udara sangat tidak efisien," tuturnya.

Zaldi melanjutkan, kapasitas kargo udara pun sangat terbatas dan pengelola bandara hanya fokus mengurusi penumpang dalam membangun bandara dan kurang memperhatikan aktivitas barang.

"Proses juga terlalu banyak ada, regulated agent [RA], dan lain-lain, serta masih banyak proses yang berjalan manual, tidak ada otomatisasi," paparnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper