Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABAR PASAR 21 AGUSTUS: Investasi Startup Bakal Marak, Subsidi Energi Turun

Berita mengenai tren aliran dana investasi kepada perusahaan rintisan atau startup serta turunnya besaran subsidi energi dalam RAPBN 2020 menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Rabu (21/8/2019).
Startup/olpreneur.com
Startup/olpreneur.com

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai tren aliran dana investasi kepada perusahaan rintisan atau startup serta turunnya besaran subsidi energi dalam RAPBN 2020 menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Rabu (21/8/2019).

Berikut beberapa perincian topik utamanya:

 

Investasi Startup Bakal Marak. Tren aliran dana investasi skala besar kepada perusahaan rintisan diyakini kembali marak pada semester II/2019 setelah pada paruh pertama tahun ini mengalami penyusutan dibandingkan dengan tahun lalu.

Subsidi Energi Turun. Besaran subsidi energi dalam RAPBN 2020 ditetapkan senilai Rp137,5 triliun, turun 3,58 persen dibanding dengan alokasi tahun lalu yang mencapai Rp142,6 triliun. Jumlah subsidi tersebut juga lebih rendah dibandingkan dengan outlook APBN 2019 yang senilai Rp147 triliun. Namun demikian, pemerintah belum memutuskan penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Optimalkan Efek Kebijakan Belanja Pajak. Efek kebijakan belanja pajak atau tax expenditure perlu lebih dioptimalkan agar potensi penerimaan negara yang terkikis hingga lebih dari 1 persen dari produk domestik bruto (PDB) mampu mengerek ekonomi bertumbuh lebih dari 5 persen.

ST005 Masih Diburu Investor. Pemesanan sukuk tabungan seri ST005 diperkirakan menembus target yang ditetapkan pemerintah yakni Rp2 triliun di tengah masih tingginya bunga deposito pasca-penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia.

Pungutan PNBP Penuh Tantangan. Prospek penerimaan negara bukan pajak (PNBP) semakin berat setelah pemerintah menurunkan target setoran dividen Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam RAPBN 2020. Target PNBP dari laba BUMN pada 2020 tercatat senilai Rp48 triliun. Jumlah tersebut turun sebesar 39,8 persen dibandingkan dengan outlook 2019 yang diproyeksikan mencapai Rp79,7 triliun.

Payung Hukum Terbit Tahun Depan. Payung hukum mengenai pemindahan ibu kota ditargetkan tuntas pada tahun depan. Himawan Hariyoga, Tim Komunikasi Pemindahan Ibu Kota Negara Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas menyatakan, lokasi ibu kota pemerintahan yang baru akan diumumkan oleh pemerintah pada tahun ini.

Negosiasi Gadget Gaya Donald Trump. Donald Trump menjadikan Huawei sebagai alat negosiasi perang dagang. Di satu sisi memberikan pelonggaran sanksi, di sisi lain Trump mencantumkan 46 anak usaha Huawei dalam daftar hitam.

Inggris Minta Perbatasan Irlandia Tetap Dibuka. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson melakukan negosiasi dengan Uni Eropa terkait dengan kesepakatan Brexit. Untuk tahap awal, Johnson meminta agar perbatasan di Irlandia tetap dibuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper