Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Layanan COD Laku Keras, Pertanda Masyarakat Belum Percaya Transaksi Dagang-el

Pasar idEA, festival belanja online to offline, resmi dibuka pada hari ini, Kamis (15/8/2019).
Ilustrasi e-commerce/CC0
Ilustrasi e-commerce/CC0

Bisnis.com, JAKARTA — Pasar idEA, festival belanja online to offline, resmi dibuka pada hari ini, Kamis (15/8/2019).

Ketua Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) Ignatius Untung mengatakan, ajang ini menjadi kesempatan bagi para konsumen untuk mengenal langsung penjual  yang ada di platform dagang-el. 

Pasalnya, selama ini yang menjadi tantangan bagi pelaku industri dagang-el adalah menaikkan tingkat kepercayaan masyarakat. 

Selama ini, sebut Ignatius, tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia masih terhadap transaksi dagang-el terbilang masih rendah. Hal ini tercermin dari tingginya angka penggunaan layanan bayar di tempat (cash on delivery/COD) ketika masyarakat berbelanja daring.

"Kami ingin membangun sinergi dengan pelaku usaha, pemerintah, komunitas dan masyarakat sehingga memiliki semangat yang sama untuk memperkuat ekosistem digital. Apalagi tantangannya sekarang adalah bagaimana meningkatkan volume dan daya saing produk lokal di pasar e-commerce," katanya, dalam sambutannya saat membuka Pasar idEA, Kamis (14/8/2019), di JCC Senayan.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan dan Daya Saing Koperasi dan UKM Kemenko Perekonomian Rudy Salahuddin menambahkan, industri dagang-el berperan signifikan untuk pertumbuhan dan pemerataan ekonomi. 

“Apalagi, visi pemerintah pada 2020 adalah membuat Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggaram,” tegasnya.

Berdasarkan catatan idEA, penjualan via dagang-el di Indonesia diprediksi mencapai US$55 miliar—US$65 miliar pada 2022, dengan nilai konsumsi individu mencapai US$620/tahun/orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper