Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terra Drone Tunjukkan Sistem Pengelola Penerbangan Tanpa Awak kepada Airnav

Direktur Utama Terra Drone Indonesia Michael Wishnu Wardana mengatakan dalam sistem tersebut, Airnav sebagai pengelola ruang udara dapat mengawasi pergerakan seluruh drone yang telah terdaftar secara real time
Repro
Repro

Bisnis.com, JAKARTA – Terra Drone mendemonstrasikan Sistem Unmanned Traffic Management (UTM) kepada Airnav di kantor Jakarta Air Traffic Services Center (JATSC), pada pekan lalu.

Dalam demonstrasi tersebut, Terra Drone menunjukkan manfaat sistem UTM sebagai pengelola penerbangan pesawat tanpa awak sehingga drone dapat terbang dengan teratur dan aman di ruang udara Indonesia.

Dalam rilisnya, Selasa (13/8/2019), Terra Drone menyatakan sistem UTM perlu diimplementasikan sebagai bagian dari rencana integrasi ruang udara di Indonesia yang memungkinkan penerbangan pesawat berawak dan tidak berawak diawasi secara bersamaan, seperti disebutkan dalam keterangan resmi.

Direktur Utama Terra Drone Indonesia Michael Wishnu Wardana mengatakan dalam sistem tersebut, Airnav sebagai pengelola ruang udara dapat mengawasi pergerakan seluruh drone yang telah terdaftar secara real time. “Dengan demikian, proses perizinan dan komunikasi antara pihak-pihak yang terlibat dapat terakomodasi dalam satu sistem.”

Selain itu, pilot drone juga dapat mengajukan izin terkait penerbangan drone sesuai dengan regulasi yang berlaku dengan lebih mudah.

Solusi sistem UTM ini dikembangkan bersama perusahaan portofolio Terra Drone di Belgia, Unifly, yang juga sudah menerapkan solusi serupa di beberapa negara, seperti Jerman, Denmark, Austria, Belgia, dan Jepang.

Kegiatan yang merupakan hasil koordinasi dan rekomendasi dari Perum LPPNPI Airnav tersebut dihadiri oleh Direktorat Kelaikudaraan & Pengoperasian Pesawat Udara, Direktorat Navigasi Penerbangan, Direktorat Angkutan Udara, Direktorat Bandar Udara, Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I, PT Angkasa Pura II (Persero), Asosiasi Pilot Drone Indonesia, dan Asosiasi Sistem & Teknologi Tanpa Awak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper