Bandara Hong Kong Lumpuh, Ini Sejumlah Maskapai yang Terkena Imbasnya

Penerbangan dari dan menuju Hong Kong dapat menghadapi gangguan untuk hari kedua berturut-turut, setelah aksi unjuk rasa besar-besaran di bangunan terminal utama bandara internasional negara ini melumpuhkan layanan penerbangan pada Senin (12/8/2019).
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 13 Agustus 2019  |  13:44 WIB
Bandara Hong Kong Lumpuh, Ini Sejumlah Maskapai yang Terkena Imbasnya
Suasana Bandara Hong Kong, Selasa (13/8/2019), setelah kemarin diduduki demonstran dan ditutup untuk penerbangan. Hari ini bandara kembali dibuka untuk "air operations". Benerapa penumpang yang hendak check in dan beberapa lainnya menunggu jadwal ulang penerbangan di counter Cathay Pacific. JIBI/Bisnis - Arif Budisusilo

Bisnis.com, JAKARTA – Penerbangan dari dan menuju Hong Kong dapat menghadapi gangguan untuk hari kedua berturut-turut, setelah aksi unjuk rasa besar-besaran di bangunan terminal utama bandara internasional negara ini melumpuhkan layanan penerbangan pada Senin (12/8/2019).

Hong Kong International Airport, pusat tersibuk di Asia untuk lalu lintas penumpang internasional dan titik transit utama untuk perjalanan Eropa, memang kembali beroperasi Selasa pagi ini (13/8/2019) setelah sebagian besar demonstran beranjak pergi.

Namun para penumpang tetap disarankan untuk mengkonfirmasi penerbangan mereka terlebih dahulu sebelum pergi ke bandara.

Sejumlah maskapai penerbangan dunia dilaporkan masih membatalkan layanan penerbangan mereka hari ini. Berikut perinciannya, seperti dilansir Bloomberg.

Cathay Pacific

Maskapai utama Hong Kong ini membatalkan lebih dari 200 penerbangan masuk dan keluar Hong Kong pada Selasa. Hampir seluruh layanan yang terdampak ada di Asia, meskipun beberapa penerbangan menuju dan dari Amerika Serikat dan Eropa juga telah terpengaruh.

Pihak Cathay Pacific menyarankan para pelanggannya untuk menunda semua perjalanan yang tidak bersifat perlu dari Hong Kong sampai setelah hari Rabu (14/8/2019).

Air China

Maskapai penerbangan milik pemerintah China ini menyatakan telah membatalkan sejumlah penerbangan menuju dan dari Hong Kong karena permasalahan di bandara.

Qantas Aiways

Maskapai penerbangan Australia tersebut membatalkan tiga penerbangan ke Hong Kong yang dijadwalkan berangkat dari Brisbane, Melbourne dan Sydney pada Selasa.

Virgin Australia

Dua penerbangan yang dijadwalkan akan meninggalkan Hong Kong untuk tujuan Sydney dan Melbourne pada Senin malam (12/8) telah ditunda hingga Selasa (13/8).

Deutsche Lufthansa

Maskapai penerbangan Jerman tersebut membatalkan penerbangan pada Senin malam ke Hong Kong dari Frankfurt dan Munich, serta menyatakan akan meninjau apakah akan melanjutkan layanan penerbangannya pada Selasa.

American Airlines

American Airlines Group Inc. memperkirakan layanan penerbangan dari dan menuju Hong Kong akan beroperasi secara normal pada Selasa, meskipun tetap memantau situasinya.

Penerbangan maskapai ini dari Hong Kong ke Dallas diberangkatkan sesuai jadwal pada Senin, tetapi penerbangan ke Los Angeles dibatalkan.

Air France

Pihak maskapai menyatakan penerbangan yang dijadwalkan terbang dari Hong Kong pada Senin malam tidak akan berangkat hingga Selasa (13/8) jam 9 pagi waktu setempat. Penerbangan lain menuju dan dari wilayah tersebut akan beroperasi seperti biasa.

United Airlines

United Airlines Holdings Inc. membatalkan layanan penerbangan Hong Kong menuju dan dari Guam pada Senin. Namun, layanan non-stop dengan wilayah yang masuk dalam teritori AS tersebut akan beroperasi secara normal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
demonstrasi, hong kong

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top