Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pacu Konektivitas, Angkasa Pura II Diganjar Tujuh Rute Baru

Konektivitas udara pada bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) meluas seiring dengan penambahan tujuh rute baik domestik maupun internasional oleh maskapai nasional. 
Calon penumpang antre masuk ke dalam terminal untuk lapor diri atau chek in di Termial 1 B Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (23/12/2018)./ANTARA-Muhammad Iqbal
Calon penumpang antre masuk ke dalam terminal untuk lapor diri atau chek in di Termial 1 B Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (23/12/2018)./ANTARA-Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA--Konektivitas udara pada bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) meluas seiring dengan penambahan tujuh rute baik domestik maupun internasional oleh maskapai nasional. 

Ph. SVP of Corporate Secretary Angkasa Pura (AP) II Achmad Rifai mengatakan bahwa Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, mulai 9 Agustus 2019 menambah layanan penerbangan rute internasional menuju Subang di Malaysia. Rute Pekanbaru – Subang dan sebaliknya itu dioperasikan oleh Malindo Air sebanyak empat kali seminggu. 

Saat ini, Bandara Sultan Syarif Kasim II melayani penerbangan internasional dari dan ke Malaka (Malaysia), Kuala Lumpur (Malaysia), Subang (Malaysia), dan Singapura.

"Dibukanya rute Pekanbaru-Subang jelas guna mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Indonesia khususnya Riau," katanya dalam siaran pers, Minggu (11/8/2019).

Dia menambahkan Pekanbaru merupakan kota terbesar ketiga di Sumatra dan dikenal dengan industri perkebunan, serta sejumlah destinasi wisata. Dibukanya lebih banyak rute penerbangan dapat mendukung akselerasi pertumbuhan perekonomian dan pariwisata di Provinsi Riau. 

Sementara itu, lanjutnya, di Bandara Internasional Banyuwangi juga dibuka penerbangan Banyuwangi – Denpasar yang dioperasikan oleh Citilink. Penerbangan tersebut berdurasi 40 menit dengan menggunakan pesawat Airbus A320.

Dia mengatakan bahwa rute baru itu menjadi alternatif menarik bagi wisatawan nusantara dan mancanegara karena menghubungkan dua destinasi wisata ternama di Indonesia.

Pada 10 Agustus 2019, Bandara Internasional Banyuwangi juga membuka rute baru yakni Banyuwangi – Banjarmasin yang dioperasikan oleh Express Air. Rute baru ini menandakan pariwisata di Banyuwangi memang tengah tumbuh pesat sehingga rute destinasi itu semakin beragam.

Bandara lain yang memperluas konektivitas penerbangan adalah Bandara Husein Sastranegara di Bandung. Sebelumnya, Wings Air membuka rute dari Bandung ke Bengkulu, Jambi, Pangkalpinang, dan Tanjung Pandan yang dioperasikan dengan pesawat bermesin baling-baling ATR 72.

“Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung penataan penerbangan guna menyeimbangkan lalu lintas penerbangan di Jawa Barat. Melalui Bandara Husein Sastranegara dan Kertajati, sektor penerbangan dapat lebih optimal dalam mendukung perekonomian dan pariwisata,” ujarnya.

Berikut secara lengkap rute-rute baru yang dibuka di bandara-bandara AP II:

9 Agustus 2019
Bandara Sultan Syarif Kasim II, rute baru: Pekanbaru – Malaka
Bandara Banyuwangi, rute baru: Banyuwangi – Denpasar
Bandara Husein Sastranegara, rute baru: Bandung – Bengkulu, Bandung – Jambi, Bandung – Pangkalpinang, Bandung – Tanjung Pandan

9 Agustus 2019
Bandara Banyuwangi, rute baru: Banyuwangi – Banjarmasin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hendra Wibawa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper