Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Didukung KEK Likupang, Tomohon Flower Festival Bakal Kian Semarak

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebutkan ajang Tomohon International Flower Festival (TIFF) akan semakin berkembang terdukung oleh pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang. 
Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan sambutan pada pembukaan Rapat Kerja Nasional IV PHRI, di Jakarta, Senin (11/2/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan
Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan sambutan pada pembukaan Rapat Kerja Nasional IV PHRI, di Jakarta, Senin (11/2/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebutkan ajang Tomohon International Flower Festival (TIFF) akan semakin berkembang didukung oleh pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang dari segi aksesibilitas maupun promosi. 

Rencananya, kapasitas Bandara Sam Ratulangi akan diperbesar dari 2 juta menjadi 6 juta per tahun serta pelebaran jalan dan tol agar investasi masuk ke KEK Likupang 

"Dan adanya anjuran agar pemda menonjolkan kekayaan budaya dengan menggelar event pariwisata," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (9/8/2019).

Menurutnya, Komitmen Presiden dalam pengembangan pariwisata di Sulawesi Utara, terutama KEK Likupang bukan tanpa alasan. Sederet prestasi sukses membuktikan potensi pariwisata Sulawesi Utara, khususnya Tomohon di level internasional. 

"Sejumlah prestasi telah dibuktikan Sulawesi Utara. Salah satunya, Sulawesi Utara meraih The Rising Destination of The Year 2019 dengan Absolute Growth kunjungan wisman tahun 2015-2018 sebesar 518% dan wisnus sebesar 90%," katanya.

Prestasi lain yang berhasil diraih Sulawesi Utara di antaranya Taman Nasional Bunaken memperoleh penghargaan sebagai The Most Beautiful Destination 2016 pada ajang Diving and Resort Travel Expo (DRT) dan Pulau Siladen mendapat penghargaan sebagai The Best Dive Centres and Resort in the World 2017 dan 2018 versi Dive Magazine. 

Lebih lanjut, Event Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2019 disebut Menteri Pariwisata sebagai event bunga terbaik nasional.

Dengan tema The Greatest Love of All, TIFF 2019 digelar dengan total 32 kendaraan hias dari berbagai daerah di Indonesia dan perwakilan 5 negara sahabat (Nepal, Ukraina, Australia, Korea, dan Amerika Serikat). "Selamat karena TIFF 2019 telah menjadi trending topic. Ini berarti perhatian masyarakat sedang terpusat ke Tomohon," ucap Arief. 

Berdasarkan tim kurator Kementerian Pariwisata, TIFF dipastikan kembali masuk ke dalam Calendar of Event 2020. "Bagi saya, TIFF merupakan event yang sangat layak karena sustain dan selalu ramai. TIFF adalah festival bunga terbaik nasional," tuturnya. 

Menurut Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, penyelenggaraan event tahunan TIFF diharapkan dapat berdampak baik terhadap sektor perekenomian dan kesejahteraan rakyat. Hal ini pun terbukti dari Absolute Growth Wisman Tomohon tahun 2015-2018 sebesar 517% dan wisnus sebesar 140%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Hendra Wibawa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper