Bulog Targetkan Stok Beras hingga 1,7 Juta Ton pada Akhir Tahun

Perum Bulog menargetkan stok beras pada Desember 2019 bisa terjaga di angka 1,5 juta sampai 1,7 juta ton dengan harapan penyerapan harian bisa digenjot ke angka 8.000 ton hingga 10.000 ton pada puncak musim panen gadu, Agustus.
Juli Etha Ramaida Manalu
Juli Etha Ramaida Manalu - Bisnis.com 06 Agustus 2019  |  19:09 WIB
Bulog Targetkan Stok Beras hingga 1,7 Juta Ton pada Akhir Tahun
Pekerja mengangkut stok beras Bulog untuk didistribusikan ke pasar-pasar di Gudang Sub-Divre Bulog Serang, di Serang, Banten, Jumat (10/5/2019). - ANTARA/Asep Fathulrahman

Bisnis.com, JAKARTA Perum Bulog menargetkan stok beras pada Desember 2019 bisa terjaga di angka 1,5 juta sampai 1,7 juta ton dengan harapan penyerapan harian bisa digenjot ke angka 8.000 ton hingga 10.000 ton pada puncak musim panen gadu, Agustus.

Direktur Komersial Bulog Mansyur menyebutkan pihaknya telah menyerap hingga 1,2 juta ton setara beras sejak awal tahun hingga saat ini, dengan kapasitas penyerapan harian mencapai 4.000 ton.

“Kalau kita melihat tren pengadaan, kita sebenarnya pernah mencapai 12.000 [ton per hari] saat panen raya. Nanti puncak panen [gadu] mungkin Agustus, bisa saja [serapan] naik atau barangkali sama seperti tahun lalu 8.000 sampai 10.000 [ton per hari],” ujarnya, usai menghadiri rapat koordinasi terkait cuaca dan dampaknya terhadap produksi tani serta percepatan peremajaan sawit rakyat, Selasa (6/8/2019).

Saat ini, jumlah stok setara beras milik Bulog mencapai 2,3 juta ton. Mansyur menjelaskan, keseluruhan stok tersebut merupakan hasil pengadaan dalam negeri yang dilakukan sejak Oktober tahun lalu hingga saat ini. 

Adapun untuk stok beras sisa impor, menurutnya telah habis disalurkan.

Sementara itu, dia belum bisa menjelaskan lebih lanjut ketika ditanya terkait besaran penyaluran beras per bulan yang dilakukan Bulog saat ini baik untuk operasi pasar maupun komersial.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Harga Beras, Bulog

Editor : Lucky Leonard

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top