Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Labuan Bajo Dirancang Menjadi Destinasi Premium pada 2020

Pemerintah menargetkan destinasi wisata Labuan Bajo menjadi wisata premium pada tahun depan. 
Labuan Bajo/Istimewa
Labuan Bajo/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah menargetkan destinasi wisata Labuan Bajo menjadi wisata premium pada tahun depan. 

Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata (BOP) Labuan Bajo Shana Fatina mengatakan Labuan Bajo digadang-gadang dapat menjadi wisata kelas premium yang menarik minat para selebritas luar negeri untuk berplesir.

Wisata premium yang dimaksud yakni wisata yang memerlukan fasilitas yang otentik dan layanan yang baik serta menghadirkan kenyamanan serta keamanan para wisatawannya.

Selain itu, kebanyakan wisatawan premium menggemari budaya asli masyarakat setempat.

"Targetnya dengan wisata premium ini akan mendatangkan 500.000 wisman dan 1 juta wisnus di tahun depan dan juga target tahun ini. Ini target sementara, karena kami masih menunggu master plannya selesai yang berisi target kunjungan wisata premium," ujarnya dalam diskusi bersama media, Selasa (6/8/2019). 

Adapun, pada akhir tahun lalu, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo mencapai 163.054 kunjungan yang terdiri dari wisman sebanyak  91.870 kunjungan dan wisnus sebanyak 71.184 kunjungan. 

Kendati demikian, pihaknya optimistis dapat membuat Labuan Bajo sebagai destinasi premium. Optimisme itu muncul seiring gencarnya berbagai persiapan yang dilakukan BOP Labuan Baju Flores, mulai dari segi penyediaan infrastruktur konektivitas, peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), dan hospitality services. 

Saat ini, BOP Labuan Bajo Flores secara terus-menerus mempersiapkan SDM lokal l yang tidak hanya menjadi pekerja tetapi juga wirausahawan di sektor pariwisata.

"Permasalahannya saat ini juga terkait banyaknya sampah yang berasal dari wisatawan. Saya kira kalau wisatawannya premium, sampahnya enggak akan terlalu banyak karena mereka aware," tutur Shana. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper