Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akibat Kabut Asap, Jarak Pandang di Kota Jambi 3,9 Kilometer

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sejumlah kabupaten di Provinsi Jambi menyebabkan munculnya kabut asap yang mempengaruhi jarak pandang menjadi hanya mencapai 3,9 kilometer.
Kabut asap. /antara
Kabut asap. /antara

Bisnis.com, JAMBI -- Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sejumlah kabupaten di Provinsi Jambi menyebabkan munculnya kabut asap yang mempengaruhi jarak pandang di Kota Jambi menjadi hanya mencapai 3,9 kilometer.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultan Thaha Jambi Kurnia Ningsih mengatakan akibat kebakaran  di sejumlah kabupaten yang ada di Jambi jarak pandang kini mencapai 3.900 meter.

"Jarak padang terendah terjadi pada pagi dan malam hari, bisa 3.900 meter saja, sedangkan siang tidak mengganggu karena arah angin tidak kencang jadi asap tidak masuk ke kota," katanya kepada wartawan di Jambi seperti dikutip Antara, Senin (5/8/2019).

Pada 3 hari terakhir keberadaan asap di Kota Jambi bertahan jauh lebih lama dibandingkan hari sebelumnya. Selama 3 hari terakhir itu sudah sampai 5 jam sampai 6 jam.  

 BMKG juga mencatat untuk musim kemarau di Provinsi Jambi diprediksi akan terjadi hingga akhir September 2019 mendatang. "Untuk cuaca sendiri di Jambi akan terjadi dalam kondisi berawan, namun tidak menimbulkan hujan, cuman berawan saja," kata Kurnia Ningsih.

Dia menyebutkan hanya ada dua kabupaten yang kemungkinan akan terjadi hujan dari ringan hingga sedang yakni Kerinci dan Merangin.  

BMKG juga mencatat untuk titik panas yang terjadi di sejumlah kabupaten di Provinsi Jambi ternyata tidak sepenuhnya disebabkan oleh titik api melainkan juga akibat tumpukan batu bara menjadi salah satu penyumbang titik panas. "Tumpukan batu bara yang ada tersebut terbaca Satelit Terra & Aqua sebagai titik panas."

Kurnia Ningsih menyebutkan informasi yang diterima dirinya tumpukan baru bara tersebut berada di Kabupaten Batanghari.  BMKG minta agar tidak menumpuk batu bara yang berakibat munculnya titik panas.

Berdasarkan pantauan Sensor Modis (Satelit Terra & Aqua) dan Suomi NPP (Tingkat Kepercayaan lebih dari 50 persen tertanggal 4 Agustus 2019 update Tanggal 5 Agustus 2019 pukul 05.00 WIB di wilayah Provinsi Jambi terdapat 12 titik panas yaitu di Kabupaten Tanjab Barat tiga titik panas, dan Kabupaten Muaro Jambi sembilan titik panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Hendra Wibawa
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper