Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Kiat Atasi Inflasi Musim Kemarau

Untuk mencegah inflasi bahan pangan yang tinggi akibat keterbatasan stok selama musim kemarau ini enam langkah yang harus diambil pemerintah pusat dan daerah.
Peta prakiraan awal musim kemarau di Jawa Tengah. (Antara-BMKG)
Peta prakiraan awal musim kemarau di Jawa Tengah. (Antara-BMKG)

Bisnis.com, JAKARTA -- Untuk mencegah inflasi bahan pangan yang tinggi akibat keterbatasan stok selama musim kemarau ini enam langkah yang harus diambil pemerintah pusat dan daerah.

Peneliti Bidang Makroekonomi dan Keuangan Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Abdul Manap Pulungan menyatakan langkah pertama yang harus diambil pemerintah adalah membenahi data luas lahan pertanian cabai dan padi seluruh Indonesia.

"Jadi kita tahu berapa ketersediaan lahan. Bertambah atau berkurang," ungkap Abdul saat dihubungi Bisnis, Kamis (1/8/2019).

Menurut Abdul Manap, langkah kedua adalah mengoptimalisasi fungsi resi gudang sebagai sistem penyimpanan bahan pangan. Dia menilai resi gudang belum menyimpan produk komoditi bahan makanan selama panen dengan baik. Alhasil ketika memasuki musim kemarau atau paceklik stok menjadi terbatas.

"Jadi saat panen itu harus disimpan saat kemarau baru dikeluarkan. Ini khususnya di daerah yang komoditasnya padi," sambung Abdul.

Ketiga adalah menguatkan peran Bulog selain menjaga ketersediaan komoditi beras namun juga produk bahan pangan lain seperti cabai dan bumbu-bumbuan.

Keempat adalah pemberian asuransi pertanian dari pemerintah kepada petani. 

Abdul menilai peran krusial ini tidak bisa diberikan kepada swasta karena resiko bisnisnya tinggi. Sementara pemerintah punya kewajiban memastikan ketersediaan bahan pangan dan stabilisasi harga.

Kelima adalah pemerintah harus memperbaiki tata niaga atau memangkas rantai pasokan makanan. 

Dia menilai selama ini bahan pangan khususnya cabai harus tersentralisasi di Pasar Induk Kramat Jati baru didistribusikan ke daerah lain. Sistem itu menurut Abdul telah membebani biaya logistik pangan kepada konsumen.

Keenam adalah pentingnya pemerintah mengedukasi masyarakat menggunakan cabai olahan. Langkah ini juga hanya bisa ditempuh jika pemerintah melakukan industri cabai segar menjadi cabai olahan.

"Kita ini maunua cabai segar dibandingman cabai kering halus. Jadi harus memperbaiki pola konsumsi," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper