Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Impact Investing dan Islamic Finance Bisa Dipadukan

Impact investing atau investasi berkelanjutan berpeluang untuk dipadukan dengan islamic finance atau pembiayaan syariah.
Islamic Development Bank Group/Istimewa
Islamic Development Bank Group/Istimewa

Bisnis.com, SURABAYA - Impact investing atau investasi berkelanjutan berpeluang untuk dipadukan dengan islamic finance atau pembiayaan syariah.

Dalam banyak hal, kedua konsep tersebut memiliki banyak kecocokan antara satu dengan yang lain.

Oleh karena itu, kolaborasi antara investasi berkelanjutan dan pembiayaan syariah memiliki peluang untuk melancarkan pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif.

Yang dimaksud dengan impact investing adalah investasi yang dilakukan dengan tujuan untuk membawa dampak sosial dan dampak lingkungan sembari menghasilkan keuntungan finansial bagi investor

Impact investing merupakan salah satu solusi dalam rangka memenuhi Sustainable Development Goals (SDGs) atau target-target pembangunan berkelanjutan.

Islamic finance dan impact investing memiliki banyak irisan karena memiliki landasan etis dan moral yang sama dan juga saling melengkapi antara satu dengan yang lain. Keduanya merupakan bentuk investasi yang berbasis pada nilai.

"Impact investing dan islamic finance bertujuan untuk menghasilkan dampak positif non-finansial sembari menghasilkan keuntungan finansial dalam rangka mendukung sistem yang berkelanjutan baik dari sisi sosial dan lingkungan," ujar Directo General, Country Relationsm, and Services Islamic Development Bank IsDB Walid Abdelwahab, Rabu (24/7/2019).

Kolaborasi antara impact investment dan islamic finance memungkinkan pembiayaan untuk pembangunan di wilayah-wilayah yang selama ini tidak terdampak oleh investasi konvensional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Wildan
Editor : Achmad Aris

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper