Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KOTA PINTAR: Pemprov Jabar Menggandeng Pengembang

Pemprov telah mengajak para pengembang untuk berkontribusi dalam pembangunan kota pintar dengan 10 tema yakni mulai dari pertanian, perikanan, peternakan, hingga koperasi.
Smart City. /Bisnis.com
Smart City. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Dalam membangun dan mengembangkan kota pintar atau smart city, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggandeng pengembang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informastika (Kominfo) Jawa Barat Setiaji mengatakan bahwa pihaknya telah mengajak para pengembang untuk berkontribusi dalam pembangunan kota pintar dengan sepuluh tema yakni mulai dari pertanian, perikanan, peternakan, hingga koperasi.

"Sudah ada pengembang yang ikut [serta dalam pembangunan ini], kalau [dalam sektor] properti lebih ikut di pengembangan area yang belum dibangun," tuturnya kepada Bisnis, Senin, (22/7/2019).

Menurut Setiaji, keterlibatan pengembang ikut serta dalam mengembangkan kota baru mencakup pembangunan kota-kota atau desa yang berada di wilayah sekitar jalur kereta cepat. Selain itu, pengembang diajak membangun kawasan perumahan dan perkantoran di beberapa stasiun.

Menurutnya, kota pintar sangat memberi dampak yang baik untuk kemajuan kota dengan pengelolaan sumber daya yang ada bisa lebih efisien.

"Prosesnya jadi lebih cepat, penyampaian informasi kemanan bisa dipantau melalui CCTV, kemudian bisa mengefisienkan hal lain, misalnya, smart PJU [penerangan jalan umum], e-governance, penyediaan kabel optik ke rumah-rumah," ujarnya.

Di sisi lain, Setiaji mengatakan bahwa tahun ini Pemprov Jabar akan memberi perangkat teknologi canggih berupa tablet kepada rukun warga setempat atau desa-desa agar dapat melakukan komunikasi lebih cepat dan terhubung ke pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Putri Salsabila
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper