Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Manajemen Informasi Mudik Pelindo III Dinilai Paling Baik

Pelindo III menerima apresiasi dari pemerintah untuk manajemen informasi arus mudik yang dikelolanya selama musim liburan Idul Fitri 2019.
Penumpang turun dari Kapal Pelni KM Labobar saat tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur/ANTARA-Moch Asim
Penumpang turun dari Kapal Pelni KM Labobar saat tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur/ANTARA-Moch Asim
Bisnis.com, JAKARTA -- Pelindo III menerima apresiasi dari pemerintah untuk manajemen informasi arus mudik yang dikelolanya selama musim liburan Idul Fitri 2019. 
 
Penganugerahan dan apresiasi diberikan berdasarkan hasil Program Pemantauan Layanan Manajemen Informasi Arus Mudik Tahun 2019 yang dimulai sejak April 2019.
Program tersebut merupakan kerja sama antara Dirjen Informasi Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Komisi Informasi Publik (KIP), dan Kantor Staf Presiden (KSP). Program ini juga melibatkan Google Indonesia sebagai pemantau traffic dan konten di portal www.infomudik.go.id.
 
Kantor Staf Presiden sejak 2018 mengembangkan portal www.infomudik.go.id sebagai wadah informasi kegiatan arus mudik teraktual.
Materi informasi dihimpun dari lintas kementerian, lembaga, dan BUMN yang terkait dengan kegiatan mudik lebaran, seperti Kementerian Kominfo, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kepolisian RI, BMKG, Basarnas, RRI, PT Pertamina, PT Jasa Marga, PT Bina Marga, PT Waskita Karya, PT ASDP, PT KAI, PT Hutama Karya, PT Angkasa Pura I, PT  Angkasa Pura II, PT Pelni, PT Pelindo I, PT Pelindo II, PT Pelindo III, dan PT Pelindo IV.
 
Direktur Utama Pelindo III Doso Agung seusai menerima apresiasi mengatakan info arus mudik merupakan bentuk dukungan penuh terhadap program pemerintah untuk menyelenggarakan mudik yang aman, nyaman, dan menyenangkan untuk pemudik, khususnya pelayanan di pelabuhan laut.
Selain itu juga sebagai tanggung jawab Pelindo III yang terpilih sebagai BUMN paling informatif pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2018. 
 
“Keterbukaan informasi merupakan prinsip penting bagi Pelindo III sebagai bagian dari kepatuhan pada GCG (Good Corporate Governance/Tata Kelola Perusahaan yang Baik). Prinsip ini dilaksanakan tidak hanya untuk kepentingan bisnis, tetapi juga hingga ke pelayanan publik seperti kepada penumpang kapal laut,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (19/7/2019).
 
Dengan menjalankan mekanisme keterbukaan informasi publik (KIP), lanjut Doso, proses bisnis perusahaan juga mendapatkan instrumen pengawasan tambahan, yakni dari mata publik. Selain itu, feedback yang didapat dari menjalankan KIP juga menjadi masukan yang berarti bagi perusahaan untuk menilai kepuasan layanan yang diberikan. 
 
Pada penyelenggaraan program mudik gratis tahun ini, Pelindo III kembali mengimplementasikan pemanfaatan teknologi digital, a.l. papan informasi digital untuk jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal. Program Mudik Bareng BUMN yang dilayani Pelindo III juga mudah diakses melalui situs internet dan ponsel. 
 
“Pelindo III juga telah mengajak sejumlah operator kapal untuk mulai mengimplementasikan e-ticketing. Penetrasi inovasi digital untuk memudahkan dan meningkatkan efektivitas transportasi laut perlu didorong bersama-sama demi membantu para penumpang kapal laut,” kata Doso.
 
Apresiasi diberikan secara langsung oleh Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko, Sekjen Kominfo Niken Widiastuti, dan Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana.
 
“Saya sampaikan selamat kepada para pemenang penghargaan. Saya mengapresiasi sejumlah kementerian, lembaga, dan BUMN, yang menunjukkan kinerja luar biasa dalam melaksanakan perintah Presiden melaksanakan mudik yang makin baik. Mudah-mudahan tahun depan tidak hanya 12 lembaga, tetapi lebih banyak lagi,” kata Moeldoko.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper