Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sharp Ingin Indonesia Jadi Basis Produksi Global

Sharp Corp menyatakan Indonesia merupakan basis produksi sekaligus pasar penting bagi perusahaan.
ilustrasi/japantimes.co.jp
ilustrasi/japantimes.co.jp

Bisnis.com, KARAWANG – Sharp Corp menyatakan Indonesia merupakan basis produksi sekaligus pasar penting bagi perusahaan.

Chief Executive Officer Asean Business Sharp Corp Yoshihiro Hashimoto menuturkan perusahaan telah beroperasi di Indonesia selama 50 tahun.

"Semua kategori produk sudah mencapai market share nomor satu. Kami membuat pabrik di Karawang untuk meningkatkan produksi di Indonesia, dari lini mesin cuci yang kecil, ditambah kulkas, dan hingga kini tambah lini mesin cuci full auto. Kami ingin Indonesia jadi salah satu basis produksi," katanya, Selasa (16/7/2019).

Selain lini produksi mesin cuci, Sharp juga memiliki pabrik di Indonesia untuk produk lemari es dengan kapasitas sebesar 1,2 juta unit per tahun dan televisi LED berkapasitas sekitar 1,2 juta unit per tahun.

Sharp Electronics Indonesia kemarin telah meresmikan lini baru produksi mesin cuci full auto satu tabung di pabrik mesin cuci perseroan yang berlokasi di Karawang International Industrial City (KIIC).

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyambut baik inisiatif Sharp Indonesia untuk membantu menopang bisnis ekspor manufaktur elektronik.

"Ini merupakan bentuk dukungan Sharp terhadap program peningkatan penggunaan produk dalam negeri serta memperkuat daya saing produk lokal di pasar ekspor,” ujar Airlangga saat menghadiri peluncuran lini produksi baru tersebut.

Sharp mengklaim hingga Mei 2018 produk mesin cucinya memimpin pasar domestik dengan market share sebesar 25,1%. Indonesia saat ini menjadi kontributor nomor empat dari jaringan global Sharp dan pemimpin pasar di kawasan Asia Tenggara.

Pabrik mesin cuci Sharp Indonesia pertama kali beroperasi pada 2008 di Pulogadung dengan luas pabrik 4.537 m². Pada 2013, pabrik mesin cuci dipindahkan ke KIIC dengan luas mencapai 11.400 m² karena serapan pasar yang baik, sehingga perseroan memperluas kapasitasnya.

Hasilnya, pencapaian produksi mesin cuci tipe dua tabung meningkat hingga sebesar 1,2 juta unit/tahun. Pencapaian tersebut menjadi pemicu Sharp Indonesia untuk menambah lini produksi mesin cuci satu tabung atau full auto.

Mesin cuci satu tabung yang diproduksi Sharp Indonesia di pabrik Karawang terdiri dari 14 model dengan kapasitas cuci 8 kg hingga 12 kg, termasuk mesin cuci megamouth gold series yang dibalut dengan warna emas dan diproduksi terbatas hanya 2.000 unit saja.

Mesin cuci gold series merupakan mesin cuci eksklusif yang diluncurkan dalam rangka merayakan 50 tahun kiprah Sharp Indonesia di Tanah Air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper