Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kopi Arabica PTPN XII Diekspor ke AS, Eropa, hingga Arab Saudi

Kopi Arabica yang diproduksi PTPN XII mendapat pengakuan dari luar negeri. Oleh karena itu Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini M. Soemarno mendorong PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII) meningkatkan produksi kopi Arabica.
Menteri BUMN Rini Soemarno (kanan) memilah biji kopi/Istimewa
Menteri BUMN Rini Soemarno (kanan) memilah biji kopi/Istimewa

Bisnis.com, BANYUWANGI - Kopi Arabica yang diproduksi PTPN mendapat pengakuan dari luar negeri. Oleh karena itu Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini M. Soemarno mendorong PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII) untuk meningkatkan produksi kopi Arabica.

Hal ini disampaikan Rini usai mengunjungi perkebunan kopi Kalisat Jampit milik PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII) di Banyuwangi, Jawa Timur. 

Dalam kunjungan tersebut, Rini melihat proses produksi kopi Arabica. Mulai dari pemilihan biji kopi oleh petani hingga proses pengeringan biji kopi dan siap diekspor. Menurut Rini , kualitas kopi Arabica milik PTPN XII ini sangat bagus. Namun, belum menjadi fokus bisnis perseroan.

“Ini yang saya tekankan ke PTPN XII bisa mengonsentrasikan tanaman kopi ini. Karena kopi ini diminati secara internasional. Harganya jauh lebih bagus dibandingkan produksi kopi di PTPN yang lain,” ujar Rini, dikutip dari siaran resmi, Selasa (16/7/2019).

Kopi Arabica PTPN XII Diekspor ke AS, Eropa, hingga Arab Saudi

Rini menegaskan proses pemupukan dalam tanaman kopi harus dijaga dengan baik. Sehingga, produksi kopi Arabica semakin meningkat dan bisa diekspor ke pasar luar negeri. Untuk saat ini, kopi Arabica milik PTPN XII sudah diminati pasar Amerika Serikat, Eropa dan Arab Saudi.

Kebun Kalisat Jampit ini mampu memproduksi 1.000 ton Kopi Arabika per tahun. Diproduksi dengan pengelolaan budidaya dan diolah secara wash & wet process serta jaminan kualitas Utz Certified, menjadikan Java coffee ini sebagai Specialty Arabica Coffee yang telah terdaftar di Amerika dan dikenal dengan Java Coffee Jampit, Java Coffee Blawan, Java Coffee Kayumas, dan Java Coffee Pancoer.

Rini pun meminta manajemen PTPN XII untuk menfokuskan produksi kopi dan meningkatkan kualitasnya. Sehingga, kopi asal Indonesia bisa menjadi primadona di pasar internasional. Selain itu, Rini mendorong agar manajemen turut mensejahterakan para petani kopi. Para petani kopi disebut Rini memiliki kemampuan untuk memilih biji kopi dengan kualits terbaik.

“Itu satu hal yang harus dihargai. Karena memilih kopi yang tepat menjadikan harga yang kompetitif,” jelasnya.

Kopi Arabica PTPN XII Diekspor ke AS, Eropa, hingga Arab Saudi

Tak hanya itu, Kebun Kalisat Jampit juga sedang disiapkan untuk menjadi salah satu tempat pengembangan sapi perah dan pakan ternak PTPN XII. Pengembangan ini merupakan batu loncatan untuk masuk bisnis turunan lainnya seperti sapi potong, susu segar, keju, dan pupuk organik.

Pengembangan bisnis sapi perah ini sangat bagus didukung potensi besar PTPN XII berupa sumber mata air yang cukup, lahan perkebunan yang luas, serta ketinggian dan iklim yang cocok. 

Bisnis tersebut bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam hal ketahanan pangan nasional serta menambah pendapatan PTPN XII di samping bisnis komoditas utama yakni kopi, kakao, karet, teh serta gula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper