Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah Evakuasi Crane Roboh, Aktivitas Bongkar Muat di TPKS Berlanjut

Kegiatan bongkar muat mulai dilanjutkan pada pukul 20.39 WIB dengan rencana menurunkan peti kemas on chasis domestik ke lapangan penumpukan (CY) domestik.

Bisnis.com, JAKARTA -- Kegiatan bongkar muat di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) kembali berjalan setelah evakuasi dilakukan atas insiden robohnya container crane akibat terhantam kapal kontainer MV Soul of Luck.

PT Pelindo III (Persero) melaporkan, kegiatan bongkar muat mulai dilanjutkan pada pukul 20.39 WIB dengan rencana menurunkan peti kemas on chasis domestik ke lapangan penumpukan (CY) domestik.

Kemudian, kegiatan bongkar domestik dihentikan hingga kegiatan MV Kanway Galaxy selesai. Bongkar peti kemas kapal milik Samudera Indonesia itu dilanjutkan, lalu memuat kontainer yang memungkinkan untuk dimuat.

Koordinasi sudah dilakukan dengan KSOP [Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas Semarang], Samudera Indonesia, dan Meratus," kata VP Corporate Communication Pelindo III Wilis Aji Wiranata, Minggu (14/7/2019).

Satu unit container crane (CC) di TPKS roboh setelah kapal MV Soul of Luck yang akan sandar di dermaga internasional TPKS membentur crane. CC nomor 3 yang berada di paling ujung dermaga roboh.

"Tidak ada kecelakaan kerja baik meninggal atau luka berat dalam peristiwa ini karena pelindo III menerapkan standart safety yang tinggi untuk seluruh terminalnya, termasuk Terminal Peti Kemas Semarang. Mengenai crane yang rusak, sudah diasuransikan,” tambah Wilis Aji Wiranata.

Mengenai penyebab insiden, Pelindo III masih menunggu hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Operasional bongkar muat di dermaga diharapkan kembali berjalan normal sehingga TPKS tetap bisa melayani para pengguna jasa logistik. Terminal ini penting karena menjadi gerbang ekspor dan impor di Jawa Tengah.

"Pelindo III akan berupaya untuk mengatasi insiden dengan cepat dan risiko yang terjadi dapat terkelola dengan baik."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper