Tingkatkan Kemampuan Personil, PT Angkasa Pura I Balikpapan Gelar Latihan Hot Drill

Pesawat Porras Airlines Keluar Runway dan Terbakar

Balikpapan (11/07) – Dalam rangka mengkaji dan mengevaluasi prosedur operasi dalam Airport Emergency Plan di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan menggelar latihan Hot Drill.

Kegiatan Hot Drill tersebut melibatkan 171 personil gabungan diantaranya selain dari PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan, pihak eksternal yang terlibat yakni dari Otoritas Bandara, Perum LPPNPI, Kantor Kesehatan Pelabuhan, RS Auri, Puskesmas Sepinggan, Polsek Kawasan Bandara, Basarnas, BPDB dan Ground Handling.

Farid Indra Nugraha, General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan membuka kegiatan Hot Drill mengatakan, “Latihan Hot Drill di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan kami gelar sebagai langkah antisipasi jika ada keadaan darurat, untuk itu kami melatih kemampuan personil sesuai tugas dan fungsi masing-masing mencakup fungsi komando, koordinasi dan komunikasi antar unit terkait, serta uji handal terhadap berbagai fasilitas.”

Pada kegiatan Hot Drill kali ini mensimulasikan Pesawat mendarat dari Runway 25, ketika mendarat Roda Pesawat menyentuh landasan melewati Touchdown Zone (beyond Touchdown Zone) dengan kecepatan masih tinggi sehingga Pesawat swing ke kiri, Pilot berusaha mengurangi kecepatan dengan reverse thrust namun Pesawat keluar dari landasan (runway excursion) menyebabkan Pesawat terbakar dan meledak terpecah menjadi beberapa bagian.

Dalam simulasi tersebut terdapat 23 orang meninggal dunia, 62 orang luka-luka dan 16 orang selamat termasuk Crew Pesawat.

Farid mengungkapkan pada latihan Hot Drill, bersinergi dengan stakeholder terkait untuk makin memantapkan koordinasi dalam penanganan darurat.

“Kami bersinergi antar instansi menanggulangi keadaan darurat melalui anggota komite yang dibentuk, memiliki tanggung jawab menghadapi situasi genting yang tidak dapat diprediksi. Saya berterima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat membantu kegiatan ini sehingga berjalan lancar,” ujarnya.

Untuk diketahui persiapan yang dilakukan sebelum kegiatan Hot Drill ini, terlebih dahulu dilakukan Table Top Exercise yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan.

Kegiatan ini merupakan simulasi strategi yang dilakukan di dalam ruangan untuk menguji kemampuan personil dalam mengambil keputusan sehubungan dengan kegiatan pertolongan dan pemadaman kebakaran yang mungkin dilakukan sebelum latihan di lapangan.

Sebagai informasi Hot Drill di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dalam pelaksanaannya setiap dua kali setahun memiliki komitmen sebagai pengelola Bandar Udara yang diwajibkan memiliki Rencana Penanggulangan Keadaan Darurat (Airport Emergency Plan) sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor : KP 479 Tahun 2015 tentang Rencana Penanggulangan Keadaan Darurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper