Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CMNP Bakal Uji Coba Bayar Tarif Tanpa Berhenti di Tol Desari

Uji coba ini bakal menyusul aksi serupa yang sudah dilakukan dua operator lainnya, yaitu PT Jasa Marga (Persero) Tbk. dan PT Marga Mandalasakti.
Presiden Joko Widodo memberikan kata sambutan pada peresmian jalan tol Depok  Antasari Seksi I : Antasari  Brigif, di Jakarta, Kamis (27/9/2018)./JIBI-Nurul Hidayat
Presiden Joko Widodo memberikan kata sambutan pada peresmian jalan tol Depok Antasari Seksi I : Antasari Brigif, di Jakarta, Kamis (27/9/2018)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. bakal melakukan uji coba penerapan single lane free flow atau transaksi tol tanpa berhenti pada satu gardu.

Uji coba ini bakal menyusul aksi serupa yang sudah dilakukan dua operator lainnya, yaitu PT Jasa Marga (Persero) Tbk. dan PT Marga Mandalasakti (MMS).

Direktur Independen PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. (CMNP) Djoko Sapto Mulyo mengatakan bahwa perseroan akan menerapkan uji coba single lane free flow (SLFF) di ruas Depok—Antasari atau Desari.

"Kami menggunakan teknologi DSRC [dedicated short range communication]," ujarnya kepada Bisnis, Senin (8/7/2019).

Jalan tol Desari sudah beroperasi sepanjang 5,80 kilometer (seksi 1) sejak September 2018. Secara keseluruhan, jalan tol Desari akan dibangun sepanjang 21,60 kilometer. Saat ini, seksi 2 dan seksi 3 masih dalam tahap konstruksi.

Sementara itu, penggunaan DSRC oleh CMNP akan menjadi penggunaan ketiga setelah Jasa Marga dan Marga Mandala Sakti.

Teknologi DSRC akan menyimpan data dan identitas kendaraan pada on board unit yang terpasang di dalam kendaraan. Saat melintas di gerbang tol yang dipasang alat pembaca (reader), pengguna kendaraan tak perlu berhenti untuk melakukan transaksi.

SLFF merupakan tahapan menuju transaksi tol tanpa berhenti atau multi-lane free flow (MLFF) yang mana saat MLFF diterapkan, tidak ada lagi gerbang tol. Penerapan MLFF dijadwalkan berlangsung pada 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper