Respons YLKI Soal Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rp228.224

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) merespons harga tiket kereta cepat Jakarta--Bandung (KCJB) sebesar Rp228.224 per orang.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 19 Juni 2019  |  20:52 WIB
Respons YLKI Soal Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rp228.224
Menteri BUMN Rini M. Soemarno saat meninjau Terowongan Walini Kereta Cepat Jakarta Bandung, Selasa (14/5/2019). - Arif Budisusilo

Bisnis.com, JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai harga tiket kereta cepat Jakarta--Bandung (KCJB) yang direncanakan masih menarik dan efisien. Selain itu, kehadirannya akan memberikan tambahan pilihan dalam memenuhi kebutuhan transportasi di kedua kota padat penduduk tersebut.


Berdasarkan hasil kajian feasibility study (FS), ongkos tiket KCJB dipatok US$16 atau berkisar Rp228.224 (nilai tukar 1US$ = Rp14.264) sekali jalan. Kereta tersebut diproyeksi dapat menempuh jarak Jakarta-Bandung hanya dalam waktu tempuh 30 menit--46 menit.


Ketua Harian YLKI Tulus Abadi menuturkan, ongkos dan keberadaan KCJB akan memungkinkan bagi konsumen yang memiliki sensitifitas terhadap waktu.


"KA cepat dengan tarif segitu akan efisien, akan menarik tetapi dengan asumsi perginya sendirian. Jadi yang pakai KCJB itu orang yang sensitif waktu, misalnya konsumen yang ingin pulang pergi Jakarta--Bandung," tuturnya kepada Bisnis, Rabu (19/6/2019).


Namun, dia mengingatkan bagi konsumen yang bepergian secara kelompok atau rombongan pastinya tetap akan memilih melalui tol, karena tol seharusnya sudah lancar. Dia menjelaskan dengan adanya KCJB rute transportasi ke Bandung akan lebih banyak pilihan.


"Selain dengan KCJB, juga tol dan Kereta Api Indonesia [KAI], waktu tempuh tol akan makin cepat dengan asumsi tol elevated Cikampek sudah jadi, artinya waktu tempuh akan makin lancar," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ylki, harga tiket, Kereta Cepat

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top