Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Daerah dengan Kenaikan Harga Properti Tertinggi Versi BTN House Price Index

Kabupaten Jember, Jawa Timur menjadi daerah dengan kenaikan BTN House Price Index (HPI) tertinggi pada kuartal I/2019.
Pekerja menyelesaikan pembangunan apartemen district 1 Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (12/4/2019)./Bisnis-Nurul Hidayat
Pekerja menyelesaikan pembangunan apartemen district 1 Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (12/4/2019)./Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA -- Riset yang dilakukan oleh unit riset PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., Housing Finance Center (HFC), menunjukkan adanya kenaikan indeks harga properti di Indonesia, termasuk di daerah dengan perkembangan infrastruktur yang pesat.

Secara keseluruhan, riset tersebut menyebutkan bahwa BTN House Price Index (HPI) naik 7,34 persen secara tahunan ke posisi 163,9 pada kuartal I/2019.

Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan laju kenaikan BTN HPI pada kuartal I/2019 terhitung lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang tercatat naik 6,44 persen secara year-on-year (yoy).

“BTN HPI sempat tertekan pada 2015 hingga 2018 karena laju pertumbuhan HPI cenderung melandai, dari tumbuh sekitar 14,3 persen pada kuartal I/2015 menjadi hanya tumbuh 11,49 persen pada kuartal I/2016. Lalu, turun lagi pada kuartal I/2017 dan anjlok pada kuartal I/2018 yang hanya tumbuh 6,44 persen,” paparnya dalam acara Indonesia Housing Forum, di Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Namun, Maryono menyatakan tahun ini, pihaknya optimis harga properti akan semakin meningkat, seiring dengan diselesaikannya proyek-proyek infrastruktur yang telah digagas pemerintah. Menurutnya, pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan oleh pemerintah telah memberikan dampak bagi perkembangan harga properti. 

Optimisme tersebut juga didasarkan pada data kenaikan BTN HPI yang terjadi di daerah dengan perkembangan infrastruktur yang pesat dan adanya potensi pengembangan infrastruktur di wilayah tersebut, di antaranya Jakarta, Jawa Tengah (Jateng), dan Jawa Timur (Jatim). 

Mengutip data HFC, Maryono memaparkan setidaknya ada 6 kabupaten/kota yang terekam memiliki BTN HPI di atas rata-rata nasional, yaitu Batang, Jateng (253,29); Jember, Jatim(252,2); Batam-Kepulauan Riau (232,28); Bantul, DI Yogyakarta (221,62); Banyumas, Jawa Tengah (232,28); dan Jakarta (215,5).

“Setelah diresmikannya tol Pemalang-Batang pada 2018, Kabupaten Batang, Jateng menduduki peringkat BTN HPI tertinggi yaitu 253,29 atau naik 20,44 persen dibandingkan kuartal I/2018, juga lebih tinggi dibandingkan BTN HPI nasional yang hanya 163,9. Namun, yang mengalami kenaikan BTN HPI tertinggi adalah Kabupaten Jember, Jatim yang melonjak 28,28 persen yoy. Jember menduduki peringkat kedua dengan BTN HPI sebesar 252,2,” jelasnya.

Berdasarkan riset HFC, kenaikan BTN HPI di Kabupaten Jember didukung oleh adanya rencana pembangunan Tol Trans Jawa ruas Mojokerto-Banyuwangi yang akan melintasi daerah tersebut. Ruas itu direncanakan dibangun untuk mendukung rencana pemerintah pusat membangun sejumlah dermaga dan bandara embarkasi haji di Kota Tembakau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper