Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KMP Permata Lestari V Kandas, Seluruh Penumpang telah Dievakuasi

Kementerian Perhubungan mengerahkan satu unit kapal patroli KPLP KNP 358 untuk mengevakuasi penumpang kapal KMP Permata Lestari V
Ilustrasi - KMP Permata Lestari V/Bisnis-youtube
Ilustrasi - KMP Permata Lestari V/Bisnis-youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan mengerahkan satu unit kapal patroli KPLP KNP 358 untuk mengevakuasi penumpang kapal KMP. Permata Lestari V yang kandas di perairan pelabuhan penyeberangan Sofifi, Maluku Utara.


KMP Permata Lestari V milik PT Atosim Lampung Pelayaran itu mengangkut 52 orang penumpang, 17 orang anak buah kapal (ABK), dan 27 unit kendaraan saat berangkat dari dermaga feri Sofifi menuju Dermaga feri Ternate. Kapal berjenis roll on-roll off dengan bobot 625 GT itu dinakhodai oleh Zulfikar Sanjaya.


KMP Permata Lestari V kandas kemarin, Senin (17/6/2019) sekitar pukul 22.59 WIT saat hujan deras yang membuat jarak pandang terbatas. 


"Seluruh penumpang kapal KMP. Permata Lestari V telah dievakuasi dengan Kapal Patroli KNP 358 ke Pelabuhan Ahmad Yani, Ternate, dalam keadaan selamat," kata Kepala KSOP Kelas II Ternate Taher Laitupa dalam siaran pers, Selasa (18/6/2019).


Selain kapal patroli KNP 358 milik KSOP Ternate, kapal KN Pandu Dewa milik Basarnas Maluku Utara dikerahkan dan bersiaga di lokasi kejadian. Taher mengingatkan kembali perlunya nakhoda kapal memperhatikan faktor cuaca sebelum berangkat.


Adapun KSOP Ternate melakukan pendataan kepada seluruh penumpang yang telah dievakuasi ke Pelabuhan Ahmad Yani Ternate dan menyiapkan tim medis guna memastikan kondisi seluruh penumpang dalam kondisi sehat.


"Hari ini kapal patroli KNP 358 melakukan penyisiran di lokasi kejadian dan melakukan pengawasan terhadap kandasnya kapal tersebut. Kepastian penyebab musibah tersebut diserahkan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi," kata Taher.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper