INSA Dukung Rencana Mandatori B30 dengan Catatan

INSA mendukung rencana penerapan mandatori B30 pada beragam moda transportasi, termasuk angkutan laut, demi kepentingan nasional yang lebih luas.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 16 Juni 2019  |  21:59 WIB
INSA Dukung Rencana Mandatori B30 dengan Catatan
Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia National Shipowners Association (INSA) mendukung rencana penerapan mandatori B30 pada beragam moda transportasi, termasuk angkutan laut, demi kepentingan nasional yang lebih luas.

Namun, Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto menyatakan pemerintah harus memastikan implementasi didahului dengan kajian matang.

Dia berharap dampak pemakaian biodiesel terhadap suku cadang kapal dapat dikompensasi dengan harga BBM yang lebih murah.

"Bila tidak, masyarakat yang akan menerima akibatnya berupa kenaikan biaya logistik untuk mengompensasi kenaikan biaya perawatan," katanya saat dihubungi pada Minggu (16/6/2019).

Carmelita menegaskan bahwa organisasi yang dipimpinnya juga menginginkan kepastian ketersediaan B30.

Pemerintah pekan lalu melakukan uji jalan (road test) B30 agar diterima masyarakat sebelum diterapkan pada 2020.

Ada dua tipe kendaraan dalam uji jalan ini, yakni kendaraan penumpang dengan berat di bawah 3,5 ton dan truk dengan berat di atas 3,5 ton.

Delapan unit kendaraan penumpang diterjunkan untuk mengikuti uji jalan dengan jarak tempuh 50.000 km dan waktu tempuh 159 hari. Pada saat yang sama, tiga unit truk dikerahkan dengan jarak tempuh 40.000 km dan waktu tempuh 149 hari.

Badan Litbang Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyatakan uji jalan B30 pada kereta, angkutan laut, dan alat berat pertambangan, akan menyusul setelah road test pada kendaraan penumpang dan truk menunjukkan hasil.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
insa, Biodiesel

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top