Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham di Emerging Market Underperform

Para manajer keuangan semakin dibuat pusing dengan kondisi pasar akhir-akhir ini, di tengah kesulitan tersebut saham emerging market (EM) tercatat underperform namun menjadi semakin mahal.

Bisnis.com, JAKARTA - Para manajer keuangan semakin dibuat pusing dengan kondisi pasar akhir-akhir ini, di tengah kesulitan tersebut saham emerging market (EM) tercatat underperform namun menjadi semakin mahal.

Indeks MSCI Emerging Markets mencatatkan kerugian bagi investor, termasuk dividen yang diinvestasikan kembali, sebesar 7,5 persen dalam 12 bulan terakhir, dibandingkan dengan total pengembalian 2,2 persen dari MSCI World Index.

"Laba rata-rata di perusahaan yang menjadi indikator indeks pasar berkembang MSCI telah merosot 3,9 persen pada tahun lalu, sebaliknya perusahaan-perusahaan di indeks pasar ekonomi maju mengalami peningkatan 6,4 persen," seperti dikutip melalui Bloomberg, Kamis (13/6/2019).

Menanggapi hal ini, beberapa analis telah mengurangi perkiraan rata-rata keuntungan pada perusahaan-perusahaan di pasar berkembang dalam 12 bulan mendatang sebesar hampir 12 persen pada tahun lalu. Sementara itu, mereka telah menaikkan perkiraan untuk bisnis di negara maju sebesar 1,4 persen.

Penurunan tersebut membuat rasio pendapatan estimasi harga terlihat lebih besar. Dengan kata lain, rasio P/E dari Indeks MSCI Emerging Markets naik terutama karena alasan yang salah.

Mengingat bahwa saham di China dan Hong Kong berkontribusi terhadap 31 persen dari total indeks, otomoatis keduanya berkontribusi paling besar terhadap penurunan estimasi pendapatan.

Dikutip melalui Bloomberg, perkiraan dolar untuk Shanghai Composite Index telah menurun 6,9 persen dalam 12 bulan terakhir, sementara Hang Seng China Enterprises Index anjlok 15 persen.

Perang perdagangan antara AS dan China telah menimbulkan pertanyaan tentang proyeksi pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia dan prospek permintaan untuk perdagangan komoditas.

Ditambah lagi dengan proyeksi International Monetary Fund (IMF) terhadap pertumbuhan global yang terpangkas, aset berisiko menjadi semakin lemah.

Sementara itu, kebijakan The Fed yang lebih longgar diharapkan masih dapat menyelamatkan kinerja pendapatan pasar berkembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Editor : Tegar Arief
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper