Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selama Mudik, Konsumsi Pertalite di Pertamina MOR I Naik 25 Persen

Sepanjang periode mudik Lebaran Idulfitri 2019, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I mencatat Pertalite menjadi BBM favorit pemudik dengan persentase kenaikan konsumsi sebesar 25 persen, setara dengan 736 ribu liter per hari.
Pengendara mengisi bahan bakar di SPBU, di Jakarta, Senin (9/4/2018)./JIBI-Dwi Prasetya
Pengendara mengisi bahan bakar di SPBU, di Jakarta, Senin (9/4/2018)./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Sepanjang periode mudik Lebaran Idulfitri 2019, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I mencatat Pertalite menjadi BBM favorit pemudik dengan persentase kenaikan konsumsi sebesar 25 persen, setara dengan 736 ribu liter per hari.

Pernyataan pers Pertamina MOR I yang diperoleh Bisnis, Selasa (11/06/2019) mengungkap konsumsi BBM jenis bensin naik 14 persen. Sementara penggunaan BBM diesel menurun 62 persen lantaran adanya pembatasan kendaraan berat.

Unit Manager Communication & CSR MOR I, Roby Hervindo menjelaskan secara umum BBM premium mencatat penyaluran terbesar hingga 2,2 juta liter per hari, kendati hanya naik 9 persen di bawah Pertalite. Jumlah ini meningkat dibanding kondisi normal 2 juta liter per hari.
 
“Untuk kendaraan berbahan bakar diesel, pemudik memilih Dexlite yang penggunaannya melonjak hampir 64 persen dibanding kondisi normal," kata Roby.

Dia mengemukakan Dex mengekor dengan peningkatan konsumsi 11 persen. Sedangkan biosolar menurun lebih dari separuh atau hanya 37 persen dibanding konsumsi normal.

"Peningkatan aktivitas yang signifikan terjadi di SPBU jalur Pekanbaru–Kampar. Umumnya, kendaraan yang menuju ke Sumbar bertujuan untuk berwisata. Kondisi ini sudah diantisipasi Pertamina, hingga pasokan BBM tersedia mencukupi".

Selama periode arus balik, Pertamina menyiagakan pasokan BBM di Terminal BBM (TBBM) Dumai, Sei Siak dan Tembilahan. Jumlah stok BBM di ketiga TBBM tersedia mencukupi kebutuhan masyarakat hingga 20 hari ke depan.
 
Mengantisipasi potensi kemacetan akibat kendaraan yang kehabisan bensin, disiapkan pula tiga SPBU motoris yakni di SPBU 14.284.631 Rantau Berangin, SPBU 14.284.653 Pasar Kampar dan SPBU 14.287.665 Muara Basung. SPBU motoris siap mengantar Pertamax dan Dexlite kemasan 30 liter jika terjadi kemacetan.
 
Di samping itu untuk meningkatkan kapasitas stok BBM, Pertamina juga menyiagakan satu SPBU kantong, berlokasi di SPBU 14.284.657 Rimbo Panjang, SPBU Kantong berkapasitas hingga 16.000 liter Premium. Sehingga menambah stok Premium di SPBU 14.284.657 Rimbo Panjang menjadi total 46.000 liter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper