Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Buka Ruang Penurunan Suku Bunga Demi Dorong Pertumbuhan

Bank Indonesia membuka ruang kebijakan moneter yang akomodatif sejalan dengan rendahnya inflasi dan upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi domestik.
Gubernur BI Perry Warjiyo berbicara dalam seminar bertema Digital Transformation for Indonesian Economy, Senin (27/5/2019).  Bisnis/M. Richard
Gubernur BI Perry Warjiyo berbicara dalam seminar bertema Digital Transformation for Indonesian Economy, Senin (27/5/2019). Bisnis/M. Richard

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia membuka ruang kebijakan moneter yang akomodatif sejalan dengan rendahnya inflasi dan upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi domestik.

Dengan demikian, bank sentral secara eksplisit bisa memangkas suku bunga acuan ke depannya.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan arah kebijakan akomodatif tersebut akan diambil dengan memperhatikan sejumlah perkembangan, a.l. kondisi pasar keuangan global dan stabilitas eksternal perekonomian domestik.

"BI akan terus mencermati kondisi pasar keuangan global dan stabilitas eksternal perekonomian Indonesia, dalam mempertimbangkan terbukanya ruang kebijakan moneter yang akomodatif sejalan dengan rendahnya inflasi dan perlunya mendorong ekonomi dalam negeri," ujar Perry, Selasa (11/06/2019).

Sejalan dengan ini, BI juga masih terus menjalankan kebijakan makroprudensial yang akomodatif melalui berbagai instrumen, termasuk financing to funding ratio (FFR).

"Kami juga akan terus mendorong pendalaman pasar keuangan untuk mendukung pembiayaan ekonomi."

BI tetap berkomitmen untuk menyalurkan likuiditas kepada perbankan dalam rangka memenuhi permintaan kredit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper