Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUPR Akan Bangun Rumah Untuk Warga Eks Timor Timur

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan akan membangun rumah untuk warga eks Timor – Timur di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan akan membangun rumah untuk warga eks Timor – Timur di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Selain warga Eks Timor Timur, pemerintah juga akan membantu masyarakat di NTT agar dapat memiliki rumah yang layak huni melalui program bedah rumah atau Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

“Kami akan segera membangun rumah untuk warga Eks Timor Timur dan masyarakat yang ada di sekitar tempat pengungsian di Provinsi NTT,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam keterangan resmi, Senin (10/6).

Menurut Khalawi, program perumahan khususnya Program Satu Juta Rumah harus dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) di seluruh wilayah Indonesia termasuk di NTT. Selain itu, peran serta pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan bidang perumahan seperti pengembang perumahan, perbankan, masyarakat dan sektor swasta juga harus lebih ditingkatkan lagi. 

“Program satu juta rumah dan berbagai program perumahan harus bisa dirasakan manfaatnya oleh WNI termasuk warga eks Timor Timur. Apalagi masih banyak juga masyarakat di NTT yang belum memiliki rumah yang layak huni,” terangnya.

Khalawi menjelaskan, rencana pembangunan rumah untuk warga eks Timor Timor tersebut dilaksanakan berdasarkan arahan dari Menteri PUPR dan merupakan hasil dari kunjungan selama mendampingi kunjungan kerja Presiden ke NTT beberapa waktu lalu.

Pembangunan rumah tidak hanya dilakukan untuk warga eks Timor Timur tapi juga untuk warga NTT yang tinggal di sekitar lokasi pengungsian.

“Rumah yang kami bangun bukan hanya untuk warga eks Timor Timur tapi juga untuk penduduk asli di sekitar penampungan dan jadi dua – duanya akan mendapat bantuan perumahan,” jelasnya.

Bantuan yang akan diberikan, imbuhnya, nantinya akan dialokasikan melalui Program BSPS atau bedah rumah.

“Rumah yang akan kami bangun nantinya dilaksanakan melalui Program BSPS atau bedah rumah yakni bantuan pembangunan rumah baru. Kami akan segera melakukan survei ke lapangan dan berkoordinasi dengan Pemda NTT untuk mengetahui  berapa kebutuhan rumahnya,” katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper