H+3 Lebaran, 15.000 Kendaraan Tinggalkan Sumatra Lewat Gerbang Tol Bakauheni Selatan

Gerbang tol Bakauheni Selatan arah Pelabuhan Bakauheni, Lampung, yang dikelolah oleh PT Hutama Karya (Persero) terpantau mulai dipadati oleh ribuan kendaraan yang akan kembali ke Pulau Jawa.
H+3 Lebaran, 15.000 Kendaraan Tinggalkan Sumatra Lewat Gerbang Tol Bakauheni Selatan M. Nurhadi Pratomo | 08 Juni 2019 21:36 WIB
H+3 Lebaran, 15.000 Kendaraan Tinggalkan Sumatra Lewat Gerbang Tol Bakauheni Selatan
Antrean kendaraan di Pelabuhan Bakauheni yang akan menyeberang ke Pelabuhan Merak, Sabtu (8/6/2019). ASDP menyebut pemudik masih belum banyak yang kembali ke Pulau Jawa pada H2 Lebaran ini. - Bisnis/Istimewa


Bisnis.com, JAKARTA— Gerbang tol Bakauheni Selatan arah Pelabuhan Bakauheni, Lampung, yang dikelolah oleh PT Hutama Karya (Persero) terpantau mulai dipadati oleh ribuan kendaraan yang akan kembali ke Pulau Jawa.

Dalam siaran pers, Manajemen Hutama Karya melaporkan sebanyak 15.000 lebih kendaraan yang didominasi golongan I dan mobil jenis minibus telah melintas meninggalkan Pulau Sumatra melalui gerbang tol Bakauheni Selatan, hingga Sabtu (8/6/2019).

Kepala Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Aries Dewantoro mengatakan bahwa peningkatan kendaraan pada arus balik mudik Lebaran sudah terjadi sejak H+2 dan diprediksi akan mencapai puncaknya pada H+4 nanti. 

“Jadi dari pantauan kami, kendaraan melintas yang mengarah ke Pelabuhan Bakauheni tepatnya di Gerbang Tol Bakauheni Selatan sudah meningkat mulai kemarin yaitu pada 7 Juni 2019 mulai pukul 16.00 dan menimbulkan antrian pada gerbang tol,” ujar Aries dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/6/2019).

Guna mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan di gerbang tol, Hutama Karya telah memastikan gardu exit yang melayani pengguna jalan tol dapat beroperasi dengan baik dan siap dibantu mobile reader.

“Di gerbang tol Bakauheni Selatan, ada 3 gardu exit toll untuk melayani pengguna jalan. Kami juga telah menyiapkan 2 unit mobile reader yang akan stand by untuk mengurai kepadatan kendaraan jika terjadi penumpukan,” ujarnya.

Dia menambahkan petugas di gerbang tol juga telah disiagakan. Hal itu terutama jika terjadi kendala dengan pembayaran menggunakan uang elektronik.

Selanjutnya, Hutama Karya juga menyiapkan pengalihan lalu lintas ke gerbang tol terdekat.

Perseroan mengimbau kepada pemudik yang akan melintas di tol Trans-Sumatra untuk mengecek kembali kesiapan kendaraan, mengisi penuh bahan bakar, memastikan saldo uang elektronik, serta berhati-hati dan mematuhi rambu lalu lintas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jalan tol

Editor : Galih Kurniawan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top