Serunya Objek Wisata Baru Riam Bajandik di Hulu Sungai Tengah

Objek wisata baru Riam Bajandik, masih berada dalam aliran Kali Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 08 Juni 2019  |  12:28 WIB
Serunya Objek Wisata Baru Riam Bajandik di Hulu Sungai Tengah
Ilustrasi - Objek wisata baru Riam Bajandik di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. - Bisnis/Istimewa

Bisnis.com, BANJARMASIN - Objek wisata baru Riam Bajandik, masih berada dalam aliran Kali Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel).

Menurut Husnul, warga kecamatan setempat, Sabtu (8/6/2019), Riam Bajandik Kecamatan Batu Benawa (sekitar sembilan kilometer dari Barabai, ibu kota HST) belum lama terkenal atau baru dikenal masyarakat pada awal 2019.

Sejak hari H Lebaran Idulfitri 1440 H atau 5 Juni lalu para remaja mendatangi Riam Bajandik yang berada dalam daerah aliran sungai (DAS) kawasan perbukitan Pegunungan Meratus.

Menurut Husnul, remaja yang baru lulus ujian nasional pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) itu, hal yang memberi daya tarik pengunjung, karena masyarakat setempat yang mengelola objek wisata Riam Bajandik tersebut tidak mamasang/mematok tarif masuk.

Pengelola objek wisata Riam Bajandik itu dengan suka rela menerima sumbangan pengunjung yang mau menikmati irama gemerciknya air turun secara berjenjang serta sejuk air pegunungan. Munculnya Riam Bajandik Desa Haliau/Waki itu terjadi seiring dengan tidak adanya lagi aktivitas warga setempat yang mengambil batu kali untuk salah satu bahan bangunan.

Riam Bajandik tersebut belakangan makin ramai pengunjung, tampaknya mengalahkan objek wisata lama, yaitu Gunung Batu Benawa yang letaknya masih berdekatan atau sekitar satu kilometer dan masih satu aliran dengan Kali Benawa.

Selain Riam Bajandik serta Taman Rekreasi Pagat dengan Kali Benawa-nya, di Kecamatan Batu Benawa tersebut juga ada objek wisata lain yaitu Baruh Bunga Desa Haliau dengan fasilitas outbond serta Liang (Gua) Limbuhang.

Kemudian pada kecamatan tetangga masih dalam wilayah "Bumi Murakata" HST, yaitu di Kecamatan Hantakan terdapat objek wisata pemandian air panas Timan (berjarak sekitar enam kilometer ke hulu Kali Benawa).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
wisata, Kalimantan Selatan

Sumber : Antara

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top