Harga Cabai Merah di Makassar Capai Rp70.000 per Kg

Harga cabai merah besar mencapai Rp70.000 per kilogram menjelang Lebaran, dibandingkan harga normal Rp30.000 - Rp35.000 per kilogram.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 04 Juni 2019  |  12:30 WIB
Harga Cabai Merah di Makassar Capai Rp70.000 per Kg
Cabai merah - Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, MAKASSAR - Harga cabai merah besar mencapai Rp70.000 per kilogram menjelang Lebaran, dibandingkan harga normal Rp30.000 - Rp35.000 per kilogram.

"Ini kami membeli dari pedagang pengumpul dengan harga tinggi, jadi terpaksa jual mahal juga supaya tidak rugi," kata salah seorang pedagang, Mustari di Pasar Terong, Makassar, Selasa (4/6/2019).

Dia mengatakan, pemicu dari kenaikan harga cabai merah besar ini karena permintaan sangat tinggi sementara persediaan di pasaran tidak bertambah.

Komentar yang sama dikemukakan pedagang cabai lainnya Musdariah. Menurut dia, harga cabai merah sudah mulai merangkak naik sepekan terakhir dengan kenaikan rata-rata Rp5.000 per hari.

Menyikapi hal itu, salah seorang pembeli di Pasar Terong, Nursiah mengatakan terpaksa mengurangi bahan cabai merah besar untuk bumbu sajian Lebarannya.

"Kalau biasanya setiap jelang Lebaran membeli dua kilogram untuk membuat bumbu sendiri, sekarang hanya beli setengah kilogram saja, karena harganya mahal," katanya.

Selain cabai merah, harga cabai keriting juga naik dari harga normal Rp30.000 per kg menjadi Rp40.000 per kg.

Kondisi itu diakui pembeli di Pasar Pannampu, Makassar Syamsiah. Menurut penjual bumbu rumah tangga ini, kenaikan harga cabai merah dan cabai keriting menyebabkan dirinya terpaksa mengurangi bahan bumbu untuk menekan kenaikan harga bumbu dagangannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
cabai merah

Sumber : Antara

Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top