Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JELAJAH JAWA-BALI 2019 : Berkendara Saat Lebaran, Pantau CCTV Kemenhub

Mengakses CCTV akan memudahkan Anda memantau kepadatan lalu lintas sehingga lebih cepat mengambil keputusan jika terjadi penumpukan kendaraan di jalan yang akan Anda lalui.
Ilustrasi./Antara-Adeng Bustomi
Ilustrasi./Antara-Adeng Bustomi

Bisnis.com, BULELENG - Berkendara pada momen sebelum, saat maupun selepas Lebaran akan sangat terbantu dengan adanya informasi arus lalu lintas. Oleh karenanya, pengendara disarankan mencari informasi  pemilihan rute dan pantauan lalu lintas, yang salah satunya bisa didapat dari CCTV Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Fasilitas tersebut merupakan bagian dari Road Transport and Management Center. Di laman tersebut, terdapat menu "Live CCTV" yang bisa diakses secara real time.

CCTV yang bisa diakses diantaranya tersebar di Pulau Jawa, yakni Jalur Selatan, Jalur Utara, Jalur Tengah, Jalur Barat, dan Terminal. Mengakses CCTV akan memudahkan Anda memantau kepadatan lalu lintas sehingga lebih cepat mengambil keputusan jika terjadi penumpukan kendaraan di jalan yang akan Anda lalui.

CCTV bisa diakses melalui alamat http://rttmc.dephub.go.id/rttmc/m/page/cctv.

JELAJAH JAWA-BALI 2019 : Berkendara Saat Lebaran, Pantau CCTV Kemenhub

Di jalur utara, CCTV yang tersedia diantaranya di ruas jalan Ciasem, Comal, exit tol Pejagan, Jalan Alternatif Tengah Karawang, Jalan Tol Balonggandu, Jalan Tol Losarang, Jalan Tol Tanjung -Cirebon, Ketanggungan.

Selain itu ada pula di Losari, Pamanukan, Pasar Eretan, Patrol, Pintu Tol Cikampek, Pintu Tol Kanci, Sadang, Simpang Jatisari, Simpan Jomin, Simpang Pejagan, Tanjungpura KRW 1, dan Tegal Gubug.

Sedangkan di jalur tengah ada di Kadipaten, Naregong, Padalarang dan Subang.

Jalur selatan, CCTV bisa diakses pada ruas jalan Ciamis, Cikaledong, Cileunyi, Jalan alternayif Nagrek Hilir 1, Jalan Tol Gentong, Karanganyar, Karangpucung, Nagrek, Pasar Limbangan, Pasar Malangbong, Pos Polisi Nagrek, dan Wangon.

Di jalur barat ada di Gadog Puncak, Pintu Tol Merak, Simpang Ciawi dan Terminal Merak. Sedangkan di terminal, ada di Terminal Bekasi, Cirebon, Jogjakarta, Semarang dan Tegal.

Diketahui, sebanyak 515.653 kendaraan tercatat menuju arah timur atau sebesar 56% dari total kendaraan yang meninggalkan Jakarta sejak H-7 sampai H-3 Lebaran 2019.

Jumlah ini naik sebesar 88,13% dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal 274.087 kendaraan. Lalin mudik arah timur ini merupakan kontribusi lalin mudik di dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama untuk pemudik menuju arah Jalan Tol Cikopo-Palimanan dan GT Kalihurip Utama untuk pemudik menuju arah Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.

(Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M. Arief, Maria Elena, Reni Lestari))

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper