Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUPR Siapkan 32 Mobil Toilet Selama Arus Mudik & Arus Balik

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan 32 mobil toilet di sejumlah tempat istirahat dan pos siaga mudik selama masa angkutan Lebaran 2019.
Foto udara kepadatan pemudik di rest area Candiareng KM 344 di Tol Trans Jawa, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Sabtu (1/6/2019)./Antara-Harviyan Perdana Putra
Foto udara kepadatan pemudik di rest area Candiareng KM 344 di Tol Trans Jawa, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Sabtu (1/6/2019)./Antara-Harviyan Perdana Putra

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan 32 mobil toilet di sejumlah tempat istirahat dan pos siaga mudik selama masa angkutan Lebaran 2019.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan 32 mobil toilet disiapkan di 27 lokasi.

infrastruktur jalan juga mendukung penyediaan mobil toilet pada rest area jalan tol, SPBU dan pos siaga mudik Kementerian PUPR di jalan non tol. Mobil toilet bisa digunakan para pemudik baik pada masa arus mudik maupun arus balik.

“Kementerian PUPR berupaya seoptimal mungkin, agar mudik Lebaran tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya dari sisi keamanan, keselamatan, dan kenyamanan,” ujarnya dalam siaran pers pada Minggu (2/6/2019).

Menurut Basuki, dari jumlah 27 titik mobil toilet, enam mobil ditempatkan di area stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di ruas jalan arteri Lampung-Palembang, Lingkar Gentong KM 75 Tasikmalaya, Bumiayu, dan Ajibarang. Selanjutnya di Jalan Pantai Selatan Jawa, Jalan Pantura-Tegal yakni di Terminal Kota Tegal dan setelah exit tol Pemalang.

Sementara itu, 21 titik disiagakan di ruas jalan Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera, antara lain Tol Medan – Tebanggitinggi KM 65,7, Tol Medan – Tanjung Morawa KM 65,7, dan Tol Medan – Binjai.

Selanjutnya Tol Jakarta – Merak KM 68A dan 68 B, Tol Jakarta – Cikampek KM 18A dan 59 A, Tol Cikopo – Palimanan KM 116A, dan Tol Palimanan – Kanci 207A.

Mobil toilet juga ditempatkan di Tol Pejagan – Pemalang KM 229, Tol Purbaleunyi KM 72A dan KM 147A, Tol Pemalang – Batang KM 344A, Tol Semarang – Solo KM 429A dan KM 487 A, Tol Solo – Ngawi KM 519A.

Distribusi mobil toilet juga mencakup Rest Area Ngawi – Kertosono KM 603, Rest Area Jombang – Mojokerto KM 695B, Rest Area ruas Tol Mojokerto – Surabaya KM 725, Ruas Tol Pandaan – Malang KM 793, dan Tol Pasuruan – Probolinggo KM 833.

Basuki mengatakan keberadaan toilet tambahan yang memiliki sarana dan prasarana sanitasi memadai sangat dibutuhkan pemudik mengingat keterbatasan toilet yang ada di SPBU dan tempat istirahat.

Selain mobil toilet, Kementerian PUPR juga menyiagakan sarana dan prasarana sanitasi berupa 37 unit hidran umum, 8 unit mobil tangki air, 6 unit mobil tinja, dan 8 unit bus VVIP.

Hidran umum ini bisa dimanfaatkan untuk berwudhu oleh para pemudik yang ingin menjalankan sholat di posko Kementerian PUPR maupun masjid rest area. Untuk operasional mobil toilet dan hidran umum, Kementerian PUPR menurunkan 112 petugas yang bekerja selama 24 jam secara bergantian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper