Kemenhub Lepas 3.200 Pemudik Kapal Roro ke Lampung dan Semarang

Kementerian Perhubungan kembali melepas 3.200 pemudik motor yang akan menggunakan kapal penyeberangan (kapal Roll On- Roll Off/ roro) di Dermaga Ex Presiden, Tanjung Priok.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 01 Juni 2019  |  16:11 WIB
Kemenhub Lepas 3.200 Pemudik Kapal Roro ke Lampung dan Semarang
Foto udara kendaraan pemudik tujuan Sumatera antre memasuki kapal Roro di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (1/6/2019). Jumlah pemudik tujuan Sumatra yang melalui Pelabuhan Merak terus meningkat dan diprediksi puncak arus mudik di pelabuhan tersebut terjadi pada Sabtu malam hingga Minggu dini hari. - Antara/Hafidz Mubarak A
Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Perhubungan kembali melepas 3.200 pemudik motor yang akan menggunakan kapal penyeberangan (kapal Roll On- Roll Off/ roro) di Dermaga Ex Presiden, Tanjung Priok.
 
Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi melepas Kapal Mutiara Ferindo VII dilepas pertama kali dengan tujuan Semarang. Angkutan menuju Semarang dan Lampung masing-masing akan ada dua unit kapal.
 
"Tadinya ada tujuan Surabaya, namun karena tidak begitu banyak akhirnya kami alihkan ke Semarang. Harapan kita dengan ini dapat mencegah masyarakat tidak mudik dengan sepeda motor dengan jarak yang cukup panjang,” kata Budi dalam siaran pers, Sabtu (1/6/2019).
 
Sementara itu, Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Chandra Irawan mengatakan kapal yang digunakan adalah milik PT Atosim Lampung Pelayaran yaitu KMP.
 
Dia menjelaskan Mutiara Ferindo VII untuk tujuan Semarang diberangkatkan pukul 09.00 WIB, sedangkan KMP. Mutiara Barat tujuan Semarang diberangkatkan pukul 12.00 WIB. Sementara, KRI Banda Aceh tujuan Panjang (Lampung) diberangkatkan pukul 15.00 WIB dan KMP. Mutiara Berkah tujuan Panjang (Lampung) diberangkatkan pukul 18.00 dari Dermaga Ex Presiden Tanjung Priok.
 
"Pemudik yang menggunakan kapal penyeberangan ini mendapatkan beberapa fasilitas, antara lain jaminan keselamatan berupa asuransi jiwa dan asuransi kerugian sepeda motor, fasilitas ruang penumpang full AC, fasilitas kesehatan, serta makanan untuk buka puasa maupun sahur,” kata Chandra.
 
Kapasitas tiap kapal penyeberangan ini mampu mengangkut sepeda motor sebanyak 500 unit serta penumpang 1.000 orang. Sementara, untuk arus balik dari Pelabuhan Panjang Lampung dan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada 8 Juni 2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top