Ini Rahasia Tiket AirAsia Indonesia Bisa Terjangkau

Prinsip single-type operations diklaim mampu membuat operasional perusahaan lebih efisien dan berdampak terhadap harga tiket.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 01 Juni 2019  |  09:17 WIB
Ini Rahasia Tiket AirAsia Indonesia Bisa Terjangkau
Pesawat komersil berada di apron Bandara Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat. - JIBI/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA -- AirAsia Indonesia mengungkapkan salah satu rahasia mereka agar tetap bisa memberikan harga tiket yang terjangkau bagi masyarakat di tengah masih mahalnya harga tiket pesawat.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan mengatakan pihaknya merupakan maskapai berbiaya hemat pertama di Indonesia yang menerapkan prinsip single-type operations. Artinya, maskapai hanya mengoperasikan satu tipe pesawat, yakni Airbus A320-200.

"Prinsip ini merupakan salah satu resep utama kami agar tetap dapat menghadirkan harga terjangkau kepada masyarakat," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Sabtu (1/6/2019).

Dendy melanjutkan sebagaimana yang telah diketahui masyarakat, industri penerbangan sangat memprioritaskan keselamatan dan keamanan penumpang sehingga sarat dengan regulasi. Setiap orang yang terlibat dalam operasional penerbangan, baik di udara maupun di darat, pun harus memiliki lisensi khusus dan menjalani pelatihan rutin sesuai dengan tipe pesawat yang dioperasikan.

Menurutnya, dengan menerapkan prinsip single-type operations tersebut, biaya yang terkait dengan lisensi dan pelatihan awak pesawat, awak kabin, staf darat, teknisi perawatan pesawat serta staf operasi juga dapat dikelola dengan lebih efisien dikarenakan hanya dibutuhkan type-rating (kategori lisensi) untuk satu tipe pesawat saja.

Selain itu, hal tersebut juga membuat proses pergantian awak pesawat menjadi lebih mudah jika ada yang berhalangan kerja. Pengelolaan suku cadang juga menjadi lebih efisien dikarenakan suku cadang yang sama dapat digunakan untuk semua armada yang berjenis sama jika terdapat kendala teknis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
airasia

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top