JELAJAH LEBARAN JAWA–BALI 2019 : Sudah 415.000 Pemudik Gunakan Feri Tinggalkan Jawa

Direktur Utama PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan pemudik menuju Sumatra telah dapat mengatur waktu perjalanan dengan baik.
JELAJAH LEBARAN JAWA–BALI 2019 : Sudah 415.000 Pemudik Gunakan Feri Tinggalkan Jawa Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali | 01 Juni 2019 08:44 WIB
JELAJAH LEBARAN JAWA–BALI 2019 : Sudah 415.000 Pemudik Gunakan Feri Tinggalkan Jawa
Petuga ASDP mengatur kendaraan pribadi yang akan masuk ke dalam kapal Port Link di pelabuhan penyeberangan Merak, Banten, Jumat (31/5/2019). - Bisnis/David Eka Issetiabudi

Bisnis.com, SEMARANG — Hingga Jumat (31/5/2019), sekitar 415.000 pemudik yang menggunakan feri telah berlayar dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatra.

Berdasarkan data PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero), jumlah tersebut mencakup lebih dari separuh dari total pemudik yang menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni pada H-7 hingga H-1 Lebaran 2018, yang sebanyak 802.535 orang.

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi menjelaskan pemudik menuju Sumatra telah dapat mengatur waktu perjalanan dengan baik. Hal tersebut, menurutnya, didorong antusiasme atas dioperasikannya jalan Tol Trans Sumatra yang mempercepat waktu tempuh di Pulau Andalas.

"Trafik pemudik yang melintasi Pelabuhan Merak terpantau mulai ramai dan mengalir sejak Kamis (30/5). Kami memprediksi,arus mudik menuju Sumatra akan terus meningkat pada akhir pekan ini," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (31/5) malam.

Selanjutnya, trafik pemudik dengan feri di Pelabuhan Gilimanuk yang akan menuju Ketapang, Banyuwangi dari Kamis (30/5) hingga Jumat (31/5) tercatat sebanyak 56.291 orang. Jumlah tersebut meningkat 3 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yang sebanyak 54.390 orang.

Ira menjelaskan ASDP terus mengimbau seluruh pengguna jasa feri untuk menempuh perjalanan pada pagi dan siang hari. Hal tersebut agar tidak terjadi kepadatan pada malam hari, khususnya di lintasan Merak-Bakauheni.

Dia menambahkan pemudik harus mengatur perjalanan dengan baik agar dapat menikmati perjalanan mudik Lebaran yang menyenangkan dan tidak terjebak dalam kemacetan yang signifikan saat puncak arus mudik maupun balik.

"Beberapa langkah antisipasi telah disiapkan dalam peningkatan kualitas pelayanan yakni melakukan pengaturan kapal yang beroperasi, dengan mengoperasikan kapal-kapal berukuran besar pada kondisi puncak, meningkatkan pelayanan di pelabuhan, dan e-ticketing," sambung Ira.

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Rayful Mudassir, Aziz Rahardyan, Mutiara Nabila, Wibi Pangestu Pratama, Ni Putu Eka Wiratmini)

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pt asdp indonesia ferry, Jelajah Jawa-Bali

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top