Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Angkasa Pura I Berangkatkan 2.520 Peserta Mudik Gratis

PT Angkasa Pura I (Persero) memberangkatkan sebanyak 2.520 pemudik secara gratis dengan menggunakan bus melalui program BUMN Mudik Bareng Tahun 2019.
Dirut AP I Faik Fahmi (tengah) berfoto bersama rombongan peserta mudik gratis bersama AP I, Jumat (31/5/2019)./Bisnis-Rio Sandy Pradana
Dirut AP I Faik Fahmi (tengah) berfoto bersama rombongan peserta mudik gratis bersama AP I, Jumat (31/5/2019)./Bisnis-Rio Sandy Pradana

Bisnis.com,JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) memberangkatkan sebanyak 2.520 pemudik secara gratis dengan menggunakan bus melalui program BUMN Mudik Bareng Tahun 2019.


Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi melepas keberangkatan peserta mudik di Lapangan Parkir Rusunami Kemayoran. Para pemudik diberangkatkan menuju enam kota, yaitu Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Wonosobo, Bobotsari, dan Surabaya.


“Total ada sebanyak 2.481 pemudik yang diberangkatkan dengan menggunakan 62 unit bus pada hari ini. Sebelumnya pada 30 Mei 2019 kami juga telah melepas sebanyak 39 pemudik dengan menggunakan 1 unit bus menuju Semarang bersamaan dengan Pelepasan Mudik Bareng 2019 yang dilaksanakan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno," kata Faik, Jumat (31/5/2019).


Dia menambahkan, selama diperjalanan, para pemudik juga dibekali oleh paket makanan ringan, obat-obatan, kaos, suvenir dan asuransi jiwa untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pemudik selama perjalanan menuju kampung halaman.


Pihaknya juga mensyaratkan kondisi bus yang mengangkut pemudik memenuhi aspek kelamatan dengan bus telah lulus rampcheck serta pengemudi telah melalui tes kesehatan dan tes narkoba.


Selain memberangkatkan pemudik dengan menggunakan moda transportasi darat, Angkasa Pura I juga telah memberangkatkan sebanyak 1.000 pemudik dengan menggunakan kapal Pelni.


Sebanyak 400 pemudik dengan jurusan Makassar--Surabaya telah diberangkatkan melalui Pelabuhan Soekarno Hatta-Makassar pada tanggal 27 Mei 2019 dengan menggunakan KM Labobar dan sebanyak 600 pemudik pemudik dengan jurusan Balikpapan--Surabaya telah diberangkatkan pada 30 Mei 2019 melalui Pelabuhan Semayang--Balikpapan menggunakan KM Dobonsolo.

 

Program BUMN Mudik Bareng 2019 merupakan rangkaian acara Mudik Bareng yang digagas Kementerian BUMN untuk meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas dan memenuhi kebutuhan masyarakat ekonomi menengah kebawah untuk mudik ke kampung halaman.

 

BUMN Mudik Bareng 2019 diikuti oleh 104 BUMN atau mengalami peningkatan 67,74% dibandingkan Tahun 2018 yang diikuti oleh 62 BUMN. Secara total, Kementerian BUMN beserta perusahaan BUMN lainnya memberangkatkan sebanyak 250.474 pemudik dengan jumlah 3.520 pemudik diberangkatkan oleh AP I.


Partisipasi AP I pada penyelenggaraan program ini adalah yang kedua setelah pada 2018 lalu berhasil memberangkatkan sebanyak 2.000 pemudik dengan menggunakan sebanyak 50 bus menuju 3 kota yaitu Semarang, Solo dan Yogyakarta.


“Melalui program ini kami berharap dapat mendukung terciptanya suasana mudik yang aman, lancar, dan kondusif, sehingga para pemudik dapat berkumpul bersama keluarganya di kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper