H-5 Lebaran, Kendaraan Mulai Padati Jalan Tol Trans Sumatera

Lima hari menjelang Hari Raya Lebaran 2019, Jalan Tol Trans Sumatera semakin dipadati oleh kendaraan pemudik dari Pulau Jawa.

Bisnis.com, LAMPUNG – Lima hari menjelang Hari Raya Lebaran 2019, Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, sepanjang 329 km yang terdiri 140 km jalur operasional dan 189 km jalur fungsional, semakin dipadati oleh kendaraan pemudik dari Pulau Jawa.

Sudah 18.000 (delapan belas ribu) kendaraan Golongan I yang melintas sejak H-7 (28 Mei 2019) lalu. Sejak itu pula, PT Hutama Karya (Persero) telah menghentikan sementara seluruh pekerjaan di jalur utama jalan tol agar tidak mengganggu para pemudik yang melintasi Tol Trans Sumatera.

Menghadapi tingginya volume kendaraan yang melewati Ruas Tol Bakauheni – Terbanggi Besar dan kepadatan antrian di Gerbang Tol Terbanggi Besar, maka upaya yang dilakukan Hutama Karya selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera adalah menerapkan sistem contraflow.

Sistem tersebut dilakukan berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah Lampung untuk mengurai kepadatan antrian kendaraan di Gerbang Tol Terbanggi Besar Utama KM 140 sejak 2 (dua) hari lalu.

Kepala Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, Aries Dewantoro, mengatakan bahwa rekayasa lalu lintas contraflow akan dilakukan situasional, menyesuaikan kondisi lalu lintas.

“Contraflow ini kami lakukan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan terutama di gerbang tol. Contraflow juga hanya bersifat sementara dan melihat situasi lalu-lintas. Seperti pagi ini saat lajur Tol Bakauheni - Terbanggi Besar arah Bakauheni (arah balik ke pelabuhan) terlihat sepi, kami koordinasikan dengan polda untuk menerapkan contraflow pada pukul 08.00 – 10.00 WIB,” ujar Aries dalam keterangan tertulis.

OPTIMALISASI PENGGUNAAN MOBILE READER

Selain menerapkan rekayasa lalu lintas (contraflow) dalam rangka mengurai kepadatan akibat antrian di gerbang Tol Trans Sumatera, Hutama Karya juga mengimplementasikan penggunaan mobile reader di beberapa gerbang tol.

H-5 Lebaran, Kendaraan Mulai Padati Jalan Tol Trans Sumatera

“Kita mulai menerapkan di Gerbang Tol Bakauheni Selatan dan Terbanggi Besar,” ujar Aries Dewantoro.

Aries menerangkan bahwa mobile reader ini memungkinkan petugas jalan tol menghampiri mobil-mobil yang mengantri untuk langsung melakukan tapping atau pembayaran menggunakan uang elektroniknya, sehingga tidak perlu lagi mengantri membayar di gardu.

“Dengan adanya mobile reader akan lebih praktis bagi para pemudik. Selain itu kita juga menjadi tidak perlu khawatir akan tumpukan antrian kendaraan di Gerbang Tol,” imbuhnya.

REST AREA SEMAKIN KOMPLIT

Tidak hanya meningkatkan pelayanan bagi para pemudik, Hutama Karya juga memastikan kesiapan infrastruktur terutama Rest Area untuk dapat memudahkan para pemudik untuk beristirahat.

Di sepanjang lajur Tol Bakauheni – Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, telah disiapkan 12 (dua belas) Tempat Istirahat Sementara (TIS) dengan fasilitas yang cukup memadai antara lain di KM 33 sisi A dan B, KM 87 sisi A dan B, KM 116 sisi A dan B, KM 163 sisi A, KM 172 sisi B, KM 208 sisi A, KM 215 sisi B, KM 234 sisi A, KM 285 sisi B.

Setiap Tempat Istirahat Sementara (TIS) dilengkapi dengan fasilitas berupa Mushola, Toilet, tempat pengisian BBM berupa SPBU Modular/KiosK/Motoris, warung makanan dan minuman bekerja sama dengan UMKM setempat, serta mobile ATM di beberapa titik.

Dari banyaknya Tempat Istirahat tersebut, hingga hari ini bahwa Rest Area KM 33 dan Rest Area KM 215 adalah tempat istirahat yang paling ramai dikunjungi oleh pemudik.

Rata-rata dari pemudik mampir untuk mengisi bahan bakar, berbuka puasa, hingga menunaikan ibadah sholat.

Kepada seluruh pemudik yang akan melintas di Jalan Tol Trans Sumatera dihimbau untuk dapat mengecek kembali kesiapan kendaraan dan mengisi penuh bahan bakarnya, serta memastikan kembali kecukupan saldo uang elektronik.

Demi memaksimalkan pelayanan, Hutama Karya juga membuka nomor call center bagi para pemudik.

Untuk Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar dapat menghubungi di nomor (0721) 561-8009 dan Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung di nomor 0813-2900-0020.

Selain itu, semua informasi mengenai jalan tol seperti situasi lalu lintas terkini, tarif hingga lokasi Tempat Istirahat Sementara dapat diakses melalui media sosial Instagram dan Twitter dengan akun @hutamakarya, @hk_tollbakter untuk Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar dan @hk_tol_terpeka untuk Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper