Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Bandara Teluk Wondama Terakomodasi di RPJMN 2020

Adapun sesuai kesepakatan Bandara baru Wondama rencananya akan diberi nama Bandara Ishak Semuel Kitjne, tokoh peradaban orang Papua.
Ilustrasi - Bandar Udara (Bandara)./Antara
Ilustrasi - Bandar Udara (Bandara)./Antara

Bisnis.com, MANOKWARI--Pembangunan Bandar Udara (Bandara) baru di Kabupaten Teluk Wondama Provinsi Papua Barat telah terakomodasi dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) tahun 2020-2024.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Teluk Wondama, Bernard Setiawan memastikan pembangunan fisik bandar udara baru ini akan terlaksana mulai 2020.

“Sudah masuk RPJMN jadi kita santai saja karena pasti jalan. Tahun depan mulai pembersihan dan pematangan lahan atau landclearing. Kita mulai land clearing untuk sisi daratnya dulu untuk runway-nya,“ kata Bernard, Selasa (28/5/2019).

Beberapa hari lalu, kata dia, telah dilakukan survei dan pengukuran tanah lahan yang berada di wilayah Mawoi, Distrik Wasior tersebut oleh tim pengadaan tanah Provinsi Papua Barat.

Menurut Bernard, dalam kesempatan itu tim juga sekaligus memasang patok untuk menandai batas-batas tanah yang akan menjadi kawasan Bandara.

“Kemungkinan batas-batasnya mengalami perubahan dari semula tetapi luas lahannya tetap 280 hektar. Tahap selanjutnya nanti tim appraisal masuk untuk memperkirakan harga tanahnya. Dari situ baru bisa dihitung berapa besar ganti rugi yang akan dibayar kepada masyarakat pemilik hak ulayat.“

Adapun sesuai kesepakatan Bandara baru Wondama rencananya akan diberi nama Bandara Ishak Semuel Kitjne, yang dikenal sebagai tokoh peradaban orang Papua.

Misionaris asal Belanda ini yang mendirikan sekolah formal pertama di Wondama tepatnya di Bukit Aitumeiri yang membuat orang asli Papua akhirnya bisa mengenal menulis, membaca dan berhitung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper