Hadapi Pemudik, Angkasa Pura II Siapkan 3 Hal Ini

AP II telah mempersiapkan proses SOP, fasilitas dan sarana, hingga personel keamanan guna mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik angkutan Lebaran 2019.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 27 Mei 2019  |  11:04 WIB
Hadapi Pemudik, Angkasa Pura II Siapkan 3 Hal Ini
Ilustrasi - Suasana ruangan Airport Operation Control Center (AOCC) di Kompleks Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Minggu (26/5/2019). - Bisnis/Rio Sandy P.

Bisnis.com, TANGERANG - PT Angkasa Pura II (Persero) telah mempersiapkan proses SOP, fasilitas dan sarana, hingga personel keamanan guna mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik angkutan Lebaran 2019.


Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, poin pertama adalah terkait dengan validasi seluruh proses yang terjadi pada antarpemangku kepentingan penerbangan.


"Hari ini, kehadiran Kemenhub untuk melakukan validasi proses tersebut untuk memastikan keefektivan pelaksanaan aturan teknis regulator di lapangan. Pengecekan dilakukan terhadap operator bandara, maskapai, imigrasi, hingga kesehatan," kata Awaluddin, Minggu (26/5/2019).


Dia menambahkan, poin kedua adalah dalam konteks fasilitas dan infrastruktur. Fasilitas yang dipastikan adalah Airport Operation Control Center (AOCC), gedung terminal, sisi udara, hingga layanan navigasi.


Ketiga, imbuhnya, memastikan kekuatan jumlah personel keamanan. Jumlah personel keamanan yang dipersiapkan untuk Bandara Soekarno-Hatta saja mencapai 3.000 orang, terdiri atas Bantuan Kendali Operasi TNI 300 orang, Polri 700 orang, dan personel internal AP II mencapai 2.000.
 

Sementara itu, Direktur Teknik dan Operasi AP II Djoko Murjatmodjo menambahkan periode masa angkutan Lebaran mulai dari 28 Mei sampai dengam 13 Juni 2019, dengan asumsi Idulfitri dilaksanakan pada 5-6 Juni 2019.


"Kami telah melakukan antisipasi untuk seluruh bandara AP II dan berbagai persiapan teknis juga telah dilakukan. Termasuk melakukan berbagai inspeksi dan mengecek semua fasilitas operasi maupun keselamatan penerbangan," kata Djoko.


Pihaknya menuturkan, langkah kebijakan operasional yang dilakukan adalah menghentikan sementara semua aktivitas investasi proyek yang berisiko mengganggu kelancaran angkutan Lebaran.


Selain itu, seluruh bandara AP II membuka posko untuk melakukan monitoring secara terintegrasi dengan seluruh stakeholder penerbangan. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
angkasa pura ii, mudik lebaran 2019

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup