Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Pekan Arus Mudik, 4 Daerah Kondisi Listrik Siaga

Tim Posko Nasional Kementerian ESDM mencatat terdapat empat sistem kelistrikan dalam kondisi siaga jelang memasuki pekan arus mudik lebaran.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Tim Posko Nasional Kementerian ESDM mencatat terdapat empat sistem kelistrikan dalam kondisi siaga jelang memasuki pekan arus mudik lebaran.

Empat sistem kelistrikan tersebut yakni SBU (Sumatera Bagian Utara), Nias, Bima, dan Ambon. Sebelumnya, Tim Posko Nasional Kementerian ESDM memprediksi ada sembilan daerah yang akan mengalamin kondisi listrik siaga selama lebaran 2019 yakni Nias, Batam Bintan, Bangka, Lombok, Interkoneksi Kalimantan, Kendari, Ternate Tidore, Ambon, dan Jayapura. Kondisi siaga ini lantaran besaran cadangan yang lebih kecil dari pembangkitan di Pulau Jawa.

Meskipun beberapa daerah berada dalam kondisi siaga, data tanggal 25 Mei 2019, periode beban puncak malam menunjukkan sistem kelistrikan nasional dalam kondisi aman. Beban puncak kelustrikan nasional masih terhitung sebesar 33.815,82 MW atau masih di bawah daya mampu nasional yang sebesar 36.542,88 MW.

Selain itu, hingga Minggu 26 Mei 2019 malam, penyediaan maupun distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM), Liquified Petroleum Gas (LPG), Gas Bumi untuk rumah tangga, dan listrik terpantau dalam kondisi aman.

Stok BBM dalam kondisi normal, dengan coverage days untuk BBM jenis Premium 21 hari, Pertalite 22 hari, Pertamax/Akra 92 23 hari, Solar/Akrasol 26 hari, Kerosene 57 hari, dan Avtur 49 hari.

Sementara itu kondisi stok LPG juga terpantau dalam kondisi normal, dengan jumlah stok sebesar 333,279 metrik ton (MT) dan realisasi penyaluran 24.336 MT dengan coverage days sekitar 15 hari.

Terkait laporan kebencanaan geologi, dilaporkan terjadi gempa bumi pada 26 Mei 2019 pukul 12:37:57 WIB dengan magnitude 5,0 pada kedalaman 10 km dan berjarak 22 km timur laut Keerom, Papua. Gempa tersebut juga dapat dirasakan di Jayapura dengan skala II-III MMI. Badan Geologi melaporkan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Posko juga melaporkan empat gunung api dalam status siaga atau Level III yakni Gunung Agung, Gunung Sinabung, Gunung Karangetang, dan Gunung Soputan. Selain itu, 16 gunung api berstatus waspada atau Level II dan 49 gunung api status normal atau Level I.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper