Ramadhan Tiba, Bandara Ahmad Yani Buka Posko dan Bagi 12.400 Takjil

Bulan Suci Ramadhan telah tiba, PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang kembali menyelenggarakan kegiatan Posko Terpadu Angkutan Lebaran.
Suasana di dalam terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/6)./Bisnis-Yustinus Andry
Suasana di dalam terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/6)./Bisnis-Yustinus Andry

Bisnis.com, SEMARANG – Bulan Suci Ramadhan telah tiba, PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang kembali menyelenggarakan kegiatan Posko Terpadu Angkutan Lebaran yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Mei s.d. 13 Juni 2019 (16 Hari).

Posko dilaksanakan sebagai wadah untuk mengumpulkan dan monitoring trafik pergerakan pesawat, penumpang, dan kargo selama pelaksanaan posko. Selama posko berlangsung para petugas juga dapat memonitor kejadian menonjol yang terjadi di bandara.

Selain petugas bandara, posko angkutan lebaran melibatkan beberapa instansi terkait, diantaranya adalah TNI & POLRI, Kantor Otoritas Bandara Wilayah III Surabaya, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Semarang, Basarnas Semarang, BMKG, Perum LPPNPI Cabang Semarang, JASINDO, Airlines, Ground Handling, dan petugas di Terminal Kargo dan Pos. Tempat pelaksanaan posko terpadu angkutan lebaran berada di sebelah timur area drop zone bandara.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto menyampaikan bahwa “Di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang telah tersedia 9 maskapai dengan 16 destinasi penerbangan domestik dan 2 maskapai dengan 2 destinasi penerbangan internasional.

Selama pelaksanaan posko terdapat empat maskapai yang mengajukan extra flight, antara lain :
1. Lion Air tujuan Balikpapan, Banjarmasin, dan Batam
2. Trans Nusa tujuan Pangkalan Bun
3. Trigana Air tujuan Pangkalan Bun
4. Garuda Indonesia tujuan Jakarta

"Atas pengajuan extra flight, pihak AP I dan LPPNPI telah menerbitkan rekomendasinya dan selanjutnya pihak airlines yang akan meminta flight approval kepada Kementerian Perhubungan,” ujar Hardi.

Selain Posko Terpadu Angkutan Lebaran juga terdapat Posko Kesehatan yang berada di area publik terminal keberangkatan. Posko Kesehatan berfungsi sebagai tempat untuk menangani pengguna jasa bandara yang membutuhkan pertolongan jika terserang penyakit saat berada di bandara. Terdapat dokter dan perawat yang bertugas setiap harinya di Posko Kesehatan.

Tak hanya kegiatan Posko Angkutan Lebaran saja, selama bulan Ramadhan PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang juga menyediakan pembagian takjil gratis di area terminal bandara dan Masjid Baitus Salam.

Takjil yang dibagikan perharinya sebanyak 400 box yang terdiri dari 150 box di area keberangkatan, 150 box di area kedatangan, dan 100 box di Masjid Baitus Salam. Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 6 Mei sampai dengan 5 Juni 2019 dan melibatkan seluruh komunitas bandara dalam pengadaan takjil dengan total 12.400 takjil.

Sedangkan untuk proses pembagian atau pendistribusian takjil kepada pengguna jasa bandara dilaksanakan oleh seluruh pegawai AP 1 pada masing-masing unit secara bergantian. Persiapan pembagian takjil mulai dari personil, booth, dan takjil dilaksanakan setiap harinya mulai pukul 17.00 WIB dan berakhir setelah takjil habis dibagikan kepada pengguna jasa bandara.

“Pembagian takjil secara rutin dilaksanakan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang selama bulan Ramadhan. Kegiatan ini pun disambut baik oleh pengguna jasa bandara yang tidak bisa berbuka puasa di rumah. Semoga dengan berjalannya kegiatan ini dapat meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pengguna jasa bandara,” tambah Hardi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper