Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terus Meningkat, Palembang Benahi Pengelolaan Sampah

Untuk membenahi pengelolaan sampah, petugas kebersihan kota didorong meningkatkan kegiatan pengangkutan sampah dari rumah tangga, kegiatan pasar tradisional, pertokoan, perkantoran, dan rumah sakit.
ilustrasi
ilustrasi

Bisnis.com, PALEMBANG--Pemerintah Kota Palembang, Sumatra Selatan, berupaya membenahi pengelolaan sampah yang berasal dari berbagai aktivitas warga kota setempat dan jumlahnya terus mengalami peningkatan.

"Pengelolaan sampah dari rumah tangga, pasar tradisional dan modern, rumah sakit, perkantoran dan aktivitas warga lainnya secara bertahap dibenahi sehingga tidak menimbulkan masalah kebersihan dan keindahan kota," kata Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda di Palembang, Rabu (22/5/2019).

Dengan pembenahan pengelolaan sampah, diharapkan bisa dicegah terjadinya penumpukan sampah di sejumlah tempat yang dapat mengganggu pemandangan/keindahan kota dan menimbulkan bau busuk bahkan masalah kesehatan.

Untuk membenahi pengelolaan sampah, pihaknya mendorong petugas kebersihan kota meningkatkan kegiatan pengangkutan sampah dari rumah tangga, kegiatan pasar tradisional, pertokoan, perkantoran, dan rumah sakit.

Kemudian pihaknya berupaya menambah atau melakukan peremajaan peralatan dan armada angkutan sampah.

Pemkot juga mendorong warga kota membuat bank sampah untuk mengolah sampah yang masih bisa menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi, sehingga dapat mengurangi penumpukan sampah di tempat pembuangan sementara dan tempat pembuangan akhir serta memberikan penghasilan tambahan bagi warga.

Jumlah sampah yang dihasilkan dari berbagai kegiatan warga kota terus meningkat sehingga perlu diimbangi dengan pengelolaan kebersihan yang lebih baik.

Kemampuan pengangkutan sampah dari titik kumpul/tempat pembuangan sementara ke tempat pembuangan akhir akan terus ditingkatkan sesuai dengan perkembangan jumlah sampah yang dihasilkan warga kota.

"Melalui upaya tersebut diharapkan pengelolaan sampah semakin baik dan tingkat kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempat yang ditentukan tinggi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper