Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lartas Impor Suku Cadang Bikin Ekspor Sepeda Terhambat

Larangan dan pembatasan (lartas) impor bahan baku menjadi salah satu hambatan utama ekspor sepeda.
Polygon telah ada sejak 1989, yang berawal dari sebuah perusahaan kecil berorientasi untuk memproduksi sepeda khusus untuk ekspor.  /Polygon
Polygon telah ada sejak 1989, yang berawal dari sebuah perusahaan kecil berorientasi untuk memproduksi sepeda khusus untuk ekspor. /Polygon

Bisnis.com, JAKARTA--Larangan dan pembatasan (lartas) impor bahan baku dan komponen menjadi salah satu biang hambatan utama ekspor sepeda.

William Gozali, Direktur PT Insera Sena,--produsen sepeda merek Polygon, mengatakan bahwa bahan baku sepeda yang mengalami hambatan lartas adalah ban. Untuk mendapatkan rekomendasi impor ban, pihaknya membutuhkan waktu yang cukup lama.

"Rekomendasi impor ban butuh waktu 76 hari," ujarnya Selasa (21/5/2019).

Pihaknya pun berharap ke depan lartas ban tidak menghambat proses ekspor sehingga bisa mendukung pengembangan industri sepeda dalam negeri. Polygon sendiri merupakan brand sepeda yang dikenal secara global.

Saat ini, perseroan terus berupaya menjaga porsi penjualan antara pasar lokal dan ekspor seimbang.

Selain masalah lartas, dia juga berharap terciptanya fair play dalam persaingan di dalam negeri. Dia pun juga meminta agar para importir mengimpor dan berbisnis dengan benar.

William menyebutkan, yang menjadi masalah adalah impor undervalue melalui pelabuhan tertentu yang kemudian dijual di pasar dalam negeri tanpa pajak pertambahan nilai (PPn).

"Persaingan ini sangat tidak fair dan akan merusak industri nasional. Beberapa kategori sepeda kami terganggu oleh impor seperti ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper