Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementan Sebut Daging Sapi Asal Brasil Cukup Aman

Kementerian Pertanian menyebutkan pihaknya telah membuat kajian terkait rencana untuk mengimpor daging sapi dari Brasil.
Daging sapi/Antara
Daging sapi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian menyebutkan pihaknya telah membuat kajian terkait rencana untuk mengimpor daging sapi dari Brasil.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita usai mengikuti pertemuan dengan Menteri Pertanian Brasil Tereza Cristina di Jakarta, Senin (20/5/2019).

"Daging kita sebenarnya sudah mengkaji dengan berbagai pertimbangan dan kami sudah mengeluarkan rekomendasi bahwa daging dari Brasil aman untuk masuk ke Indonesia," katanya, Senin (20/7/2019).

Dia menyebutkan bahwa dari sisi kemanan dari penyakit, saat ini sudah tidak ada masalah. Selain itu, Brasil juga menawarkan harga yang kompetitif.

Kendati demikian, Ketut menekankan bahwa impor ini baru akan terealisasi jika Indonesia bisa melakukan ekspor sejumlah komoditas, khususnya komoditas pertanian ke negara tersebut.

Adapun diskusi ini, menurut Ketut bertujuan untuk menyeimbangkan neraca perdagangan antara Indonesia dengan Brasil.

"Pemerintah kita kan ingin ada balance antara ekspor impor, kenyataannya kita masih defisit. Jadi, kita tawar bagaimana mereka bisa memberi peluang dengan tarif yang lebih suppressed [rendah] kepada Indonesia agar produksi pertanian Indonesia bisa diekspor ke Brasil," ujarnya.

Selain meminta dibukanya keran ekspior bagi sejumlah komoditas baru, Kementerian Pertanian juga meminta agar Brasil bisa menurunkan tarif impor untuk komoditas sawit yang saat ini dipatok sekitar 14%.

Untuk mewujudkan hal ini, sebuah working group beranggotakan pihak dari kedua belah pihak rencananya akan dibentuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper