Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Lebaran, Daop 1 Bikin Nyaman Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Daop 1 Jakarta menambah sejumlah fasilitas baru di Stasiun Gambir dan Pasar Senen untuk menambah kenyamanan penumpang KA selama masa angkutan Lebaran.
Ilustrasi - Suasana di Stasiun Gambir.-JIBI/Eva Rianti
Ilustrasi - Suasana di Stasiun Gambir.-JIBI/Eva Rianti

Bisnis.com, JAKARTA - Daop 1 Jakarta menambah sejumlah fasilitas baru di Stasiun Gambir dan Pasar Senen untuk menambah kenyamanan penumpang KA selama masa angkutan Lebaran.


Kepala PT KAI Daop 1 Jakarta Dadan Rusdiansyah mengatakan salah satunya adalah Pembangunan Hall (Zona 3) di Stasiun Pasar Senen. Sebelum dilakukan peremajaan fasilitas di Zona 3, yang terletak di area nonsteril sebelum lokasi boarding gate pada Stasiun Pasar Senen, luasnya hanya 950 m².


"Setelah dilakukan peremajaan luasnya menjadi 1.700 m². Sementara itu, untuk kapasitas tempat duduk ruang tunggu Zona 3 yang semula hanya berkapasitas 80 kursi, kini menjadi 700 kursi," kata Dadan, Senin (20/5/2019).


Dia menambahkan, dilakukan juga penambahan kursi tunggu untuk penumpang di area setelah boarding gate sebanyak 23 kursi, hingga jumlahnya mencapai 92 kursi.


Selain itu, guna mengakomodir naik turun penumpang pada KA yang memiliki rangkaian panjang, Daop 1 Jakarta juga telah menyelesaikan pekerjaan perpanjangan peron 3 dan 4 sebelum masa arus mudik berlangsung.


Pada masa arus mudik tahun ini, Stasiun Gambir juga memiliki fasilitas baru bagi penumpang KA Yaitu, adanya co-working space yang terletak di Hall Selatan. co-working space merupakan sebuah ruangan yang disiapkan bagi calon penumpang untuk melakukan aktivitas pekerjaan di area stasiun.


Co-working space di Stasiun Gambir ini dilengkapi dengan fasilitas lengkap, seperti tempat duduk dan meja untuk 20 orang, akses internet, ruangan ber-AC, charger, dan air mineral.


Selain itu, untuk menghadirkan suasana baru, di Stasiun Gambir juga dibuat hall atau ruang tunggu bernuansa alam sehingga para penumpang yang sedang menunggu keberangkatan KA merasa semakin nyaman


"Selain penambahan fasilitas di area stasiun, peningkatan pelayanan juga dilakukan melalui optimalisasi database sistem ticketing serta penambahan application server dan bandwidth internet sebanyak dua kali lipat dari hari biasa. Hal ini perlu dilakukan terutama saat menghadapi peningkatan jumlah pengunjung channel penjualan tiket," ujarnya.


Tak hanya menghadirkan fasilitas yang baru di 2 stasiun tersebut, fasilitas umum lainnya juga terus ditingkatkan, seperti peremajaan mushala, dan toilet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper