Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penurunan TBA Dinilai Tak Mampu Kerek Jumlah Penumpang

Pengamat memprediksi jumlah penumpang maskapai hingga akhir tahun akan mengalami penurunan kendati tarif batas atas sudah diturunkan.

Bisnis.com, JAKARTA--Pengamat memprediksi jumlah penumpang maskapai hingga akhir tahun akan mengalami penurunan kendati tarif batas atas sudah diturunkan.

Sekretaris Jaringan Penerbangan Indonesia Gerry Soedjatman mengatakan harga minyak dunia ada kecenderungan naik dan kurs dolar kembali juga menguat. Penurunan TBA akan menimbulkan tekanan besar bagi maskapai.

"Apabila TBA terlalu rendah maskapai memilih melakukan flat-pricing dan pengurangan kapasitas seperti September atau Oktober tahun lalu hingga awal Januari 2019. Outlook jumlah penumpang bisa menyedihkan kalau begini," kata Gerry, Kamis (16/5/2019).

Dia berpendapat maskapai tidak akan melakukan kontraksi kapasitas dalam skala besar pada sisa tahun ini. Pengurangan kapasitas yang berlebihan justru akan mempengaruhi pendapatan.

Gerry menuturkan dengan kondisi TBA yang rendah ditambah biaya operasional yang cenderung meningkat akan membuat maskapai menetapkan harga pada tingkat atas.

"Maskapai akan cenderung cari aman secara keuangan. Jualan mendekati TBA saja," ujarnya.

Kementerian Perhubungan menerbitkan Keputusan Menteri Perhubungan No. 106/2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri guna menurunkan TBA hingga 16%.

Regulasi yang digunakan untuk menggantikan Kepmenhub No. No. 72/2019 tersebut telah ditandatangani sejak 15 Mei 2019.

Ketentuan tersebut berlaku untuk angkutan udara niaga berjadwal kelas ekonomi yang menggunakan pesawat bermesin jet. Adapun, kelas ekonomi sendiri terdiri atas tiga kategori, yakni layanan penuh (full service), layanan menengah (medium service), dan layanan minimum (no frills).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper