PLN Masih Butuh Pembangkit Listrik Terapung

PT PLN (Persero) mengatakan Indonesia masih membutuhkan pembangkit listrik terapung atau kapal marine vessle power plant untuk mengatasi defisit pasokan listrik di sejumlah daerah.
Ni Putu Eka Wiratmini | 16 Mei 2019 16:12 WIB
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - PT PLN (Persero) mengatakan Indonesia masih membutuhkan pembangkit listrik terapung atau kapal marine vessle power plant untuk mengatasi defisit pasokan listrik di sejumlah daerah.

Adapun PLN menyewa Kapal Marine Vessel Power Plant (MVPP) selama lima tahun dengan PT Karpowership Indonesia atau Karadeniz Powership, asal Turki. Pengoperasiannya berlangsung sejak tahun 2016 hingga tahun 2021.

Saat ini ada lima marine vessel power plant (MVPP) beroperasi yakni Belawan di Sumatera Utara berkapasitas 240 MW, Amurang di Sulawesi Utara 120 MW, Ambon 60 MW, dan Kupang 60 MW.

Direktur Bisnis Regional Jawa bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara PLN Djoko Rahardjo Abumanan pihaknya masih membutuhkan aliran listrik dari MVPP. Kapal pembangkit tersebut diperlukan guna mencukupi daya di sejumlah daerah karena pembangkit listrik permanen yang belum siap.

Djoko mengatakan MVPP diperlukan mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan dan kapal pembangkit ini bisa menjadi solusi alternatif karena bisa bergerak secara mobile.

“Misalnya di Sumatera. Kalau di Selatan, itu bisa karena batubara banyak di sana (bisa menggunakan PLTU). Tapi kalau yang utara, MVPP kan bisa bergerak, begitu juga untuk sejumlah kepulauan lainnya,” katanya, seperti dikutip dalam rilis, Kamis (16/5/2019).

Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu mengapresiasi kehadiran investor listrik, Kar Powership Indonesia di Sulawesi Utara. Ia berharap pasokan listrik di Sulut berjalan baik. Selain itu, tidak ada lagi pemadaman listrik sehingga bisa membantu mendorong perekonomian daerah.

“Dengan hadirnya Kar Powership Indonesia, listrik di Sulut lebih khusus Minsel tidak padam lagi,” ujarnya.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
PLN, pembangkit listrik

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup