Digelar Setelah THR Turun, Target Jakarta Great Sale Tembus Rp9,5 Triliun

Tahun lalu, FJGS diadakan bukan pada saat Ramadan, melainkan menjelang acara Asian Games yakni pada Agustus.
Digelar Setelah THR Turun, Target Jakarta Great Sale Tembus Rp9,5 Triliun
Yanita Petriella - Bisnis.com 16 Mei 2019  |  13:12 WIB
Digelar Setelah THR Turun, Target Jakarta Great Sale Tembus Rp9,5 Triliun
Pengunjung memilih pakaian di salah satu toko yang mengikuti program Jakarta Midnight Sale di sebuah mal, di Jakarta, Jumat (16/6). - Antara/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA — Festival Jakarta Great Sale 2019 diyakini bakal ramai transaksi. Alasannya, pesta diskon pusat perbelanjaan Ibu Kota tersebut diselenggarakan setelah pegawai menerima THR.

Ketua DPD Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat sekaligus Ketua Pelaksana Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2019 menargetkan transaksi Rp9,5 triliun dalam festival tahun ini. Target tahun ini, lanjutnya, tak bisa dibandingkan dengan realisasi FJGS tahun lalu. Pasalnya, tahun lalu, FJGS diadakan bukan pada saat Ramadan, melainkan menjelang acara Asian Games yakni pada Agustus.

“Tahun ini kami memberi kesempatan UMKM untuk turut ikut festival ini. Tahun lalu realisasinya Rp3,9 triliun. Targetnya tahun ini Rp9,5 triliun,” ujarnya, Rabu (15/5).

Pihaknya optimistis dapat mencapai target transaksi pada tahun ini. Hal itu dikarenakan daya beli masyarakat masih cukup baik. Terlebih, sebutnya, FJGS tahun ini diadakan setelah para pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai swasta menerima tunjangan hari raya (THR) atau gaji ke-13.

Dia pun menampik daya beli masyarakat tengah mengalami perlambatan atau menurun. Pasalnya, konsumen ritel sektor makanan dan minuman justru mengalami tren peningkatan. Menurutnya, yang saat ini terjadi adalah shifting atau peralihan dari pembelian produk fesyen ke produk hiburan.

“Kami melihat daya beli masih ada dan cukup baik. Kami melihat ada shifting [belanja konsumen] dari sentra fesyen ke ritel-ritel kuliner, bioskop, pusat bermain anak. Travel fair pun minatnya masih tinggi dan diserbu masyarakat. Jadi, saya rasa daya beli masyarakat masih baik,” katanya.

FJGS 2019 akan digelar di 82 pusat perbelanjaan, 4 hotel, 34 gerai Jakmart PD Pasar Jaya, UKM Binaan Dekranasda sepanjang 25 Mei—23 Juni 2019. Tema FJGS tahun adalah Shopping Spirit yang difokuskan untuk konsumen milenial agar tidak menganggap berbelanja sebagai hal yang konsumtif saja, tetapi juga untuk hal produktif dengan pilihan cermat, hemat, dan efisien. Pembukaan festival ini akan dilakukan pada 25 Mei di Aeon Mall Jakarta Garden City.

“Kami berharap ke depannya Festival Jakarta Great Sale ini akan sampai di mancanegara, mampu menarik wisatawan mancanegara untuk berbelanja di Jakarta,” ucap Ellen.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bagian Industri, Energi, Koperasi, UMKM serta Perdagangan Pemprov DKI Jakarta Didik Djoenaedi menuturkan, pelaksanaan FJGS pada 25 Mei ditujukan agar masyarakat dapat membelanjakan uangnya setelah memperoleh THR.

“Untuk PNS, THR diharapkan keluar pada 24 Mei sehingga bisa berkontribusi dan dibelanjakan di FJGS dan program midnight sale,” ujarnya.

Didik berharap agar dengan terselenggaranya festival ini mampu menarik minat wisatawan domestik untuk berwisata belanja di Jakarta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jakarta great sale

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top